Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma bersama ketiga istrinya. Presiden Zuma meminta maaf kepada para istrinya, jika pernikahannya yang keenam menimbulkan ketidaknyamanan. Saat ini jumlah istri resmi Presiden Jacob Zuma adalah empat orang
Pernikahan-pernikahannya ini tidak akan membebani anggaran negara

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma menikah untuk keenam kalinya pada akhir pekan lalu.

Dia menikahi tunangannya sejak lama, Gloria Bongi Ngema. Dengan demikian, saat ini Ngema resmi menjadi istri keempatnya.

Zuma adalah seorang Zulu sejati. Di Afrika Selatan, poligami adalah legal.

Juru bicara presiden, Mac Maharaj mengatakan, pernikahan dilangsungkan dalam perayaan pribadi, berlangsung di Nkadla yang  terletak di provinsi KwaZulu Natal.

Biasanya Presiden Zuma membawa salah satu istrinya saat menghadiri acara resmi.

Ini adalah pernikahan keenam. Dia menceraikan salah satu istrinya pada tahun 2000. Namun kemudian menikahi perempuan lainnya, untuk mengganti posisi istri yang kosong.

Koresponden BBC di Afrika Selatan mengatakan bahwa Ngema adalah seorang pebisnis dari Durban, merupakan sosok populer disamping presiden, sebelum resmi dinikahi.

Dalam pernyataan yang dimuat di website kepresidenan dikatakan bahwa pernikahan ini tidak akan membebani anggaran negara.

Tidak ada dana negara yang dikucurkan untuk membiayai rumah tangga dengan empat orang istri.

Presiden Zuma lolos dari tuntutan perkosaan pada tahun 2006, meskipun dia mengakui melakukan hubungan seks tanpa pengaman dengan seorang perempuan yang positif mengidap HIV.

Pada tahun 2009, dia memiliki seorang anak di luar nikah hasil hubungan dengan anak dari seorang pemain bola senior.

Penulis: