Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie menyampaikan pidato politik saat perayaan HUT Golkar ke 48 di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran, Jakarta

Jakarta - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta asal Fraksi Partai Golkar, Inggard Joshua menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai anggota wakil rakyat. Dia mundur karena memutuskan untuk pindah ke Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Surat pengunduran dirinya sebagai Wakil Ketua DPRD DKI telah diserahkan kepada Ketua DPRD DKI Jakrta Ferrial Sofyan pada tanggal 27 Maret 2013. Hingga saat ini, pengunduran dirinya masih dalam proses, karena disetujui atau tidaknya harus melalui rapat paripurna DPRD DKI.

“Yang penting saya sudah menyerahkan surat pengunduran diri ke Ketua DPRD DKI. Nanti akan ada rapat paripurna untuk menyetujui atau tidak pengunduran diri saya. Kalau dalam partai sudah disetujui,” kata Inggard di DPRD DKI, Jakarta, Rabu (3/4).

Alasan pengunduran dirinya tersebut, selain dikarenakan pindah ke Partai Nasdem, dia ingin memberikan kesempatan bagi kader Partai Golkar yang lain untuk berjuang dan berprestasi di kalangan anggota dewan.

Selain itu, Inggard menyatakan ingin berjuang bersama Partai Nasdem yang baru berdiri. Dia ingin mengukur kemampuan dan prestasinya sampai sejauh mana dapat diraih bersama Partai Nasdem yang baru dalam kancah perpolitikan Indonesia.

“Yang pindah tidak hanya saya sendiri lho. Tetapi banyak juga kader Partai Golkar yang pindah ke Partai Nasdem. Kenapa saya pindah ke Nasdem, karena saya melihat visi dan misi partai ini tidak jauh berbeda dengan Partai Golkar,” paparnya.

Di Partai Golkar, Inggard menjabat sebagai Pengurus DPD I, sedangkan di Partai Nasdem, dia menjabat sebagai Sekretaris DPW DKI Jakarta.

Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD Partai Golkar, Ramli Muhammad mengungkapkan, hasil rapat pleno telah dipilih Prya Ramadhani yang merupakan Ketua DPD I Partai Golkar sebagai Wakil Ketua DPRD menggantikan Inggard. Kemudian, dipilih juga Ketua DPD II Partai Golkar Jakarta Barat Siti Djaozah menggantikan Inggard sebagai anggota DPRD DKI

Ketua DPRD DKI Jakarta Ferrial Sofyan membenarkan telah menerima surat pengunduran diri dari Inggard Joshua. Mekanisema pengunduran diri selain menyerahkan surat pengunduran diri kepada Ketua DPRD DKI, surat tersebut juga diserahkan kepada KPU Provinsi DKI dan Gubernur DKI Jakarta.

“Kalau terjadi kekosongan anggota dewan dari partai Golkar, yang harus segera dilakukan pergantian antar waktu (PAW). Tapi nanti yang menentukan PAW itu KPU. Siapa yang akan menggantikan dia ya menunggu surat dari menteri,” paparnya.

Menurutnya, perpindahan labuhan politik Inggard mmerupakan aspirasi politik pribadi yang menjadi haknya. Sehingga pihaknya tidak bisa melarang bila ada anggota yang mengundurkan diri atau pindah partai.

Penulis: Lenny Tristia Tambun