Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berbicara kepada para wartawan di Balai Kota, Jakarta Pusat

Jakarta - Kabar duka meninggalnya Ustadz Jefry Al-Bukhori (Uje) pada Jumat (26/4) dini hari, karena kecelakaan motor membuat Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terkejut.

Pasalnya, ia sangat menyukai ceramah Uje. Di mata Ahok, Uje merupakan sosok yang memiliki pandangan luas mengenai ajaran agama Islam. Itulah yang menjadi alasan mengapa Ahok sangat mengaguminya.

“Saya terkejut dengan kabar duka tersebut. Saya menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan,” kata Ahok di Balai Kota DKI, Jakarta, Jumat (26/4).

Kekagumannya pada sepak terjang Uje memberikan dakwah, ceramah dan menyampaikan ajaran Islam, membuatnya pernah mengundang Uje untuk berceramah dalam acara keagamaan di Belitung Timur. Dia mengundang Uje sewaktu masih menjadi Bupati Belitung Timur.

“Saya pernah undang beliau ke Belitung Timur. Tepatnya kapan, saya lupa. Tapi saya undang beliau karena saya suka banget dengan khotbahnya yang enak didengar. Pokoknya, Uje keren banget saat menyampaikan khotbahnya,” tutur Ahok.

Kepergian Uje ke hadapan Sang Khalik, bagi Ahok merupakan kehilangan seluruh rakyat Indonesia. Negara ini telah kehilangan satu pemuda dan tokoh agama yang luar biasa dan yang terbaik. Sosok yang mampu memberikan kesejukan dan pencerahan hati bagi seluruh masyarakat.

“Indonesia kehilangan satu pemuda yang luar biasa. Uje merupakan ustadz yang kharismatik,” ungkapnya.

Karena itu, Ahok pun mengimbau para pengendara sepeda motor untuk lebih berhati-hati dalam mengemudikan motornya. Sebab, sudah cukup banyak kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban jiwa akibat mengenderai motor.

“Kendaraan motor itu cukup bahaya ya. Harus hati-hati. Kalau soal kecelakaan motor di Jakarta resminya meninggal bisa tiga orang setiap harinya,” paparnya.

Seperti diketahui, kecelakaan motor menimpa ustaz Jefri Al Buchori pada Jumat dini hari di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Berdasarkan akun Twitter dari TMC Polda Metro Jaya disebutkan bahwa ustaz yang akrab dipanggil Uje itu menabrak pohon saat mengendarai motor Kawasaki di daerah Gedong Hijau, Pondok Indah.

Penulis: Lenny Tristia Tambun