Kemacetan Jakarta

Jakarta - Polda Metro Jaya mengelar Operasi Simpatik Jaya 2013, mulai hari ini sampai 27 Mei mendatang. Tujuan operasi ini, guna membangun kesadaran masyarakat untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Putut Eko Bayuseno, mengungkapkan operasi khusus bidang lalu lintas ini akan berjalan efektif selama 21 hari. Ribuan personel gabungan dari Kepolisian, Dinas Perhubungan dan TNI di lapangan bakal mengedepankan tindakan preemtif dan preventif, baru penegakan hukum tegas, namun tetap humanis.

"Operasi ini mengedepankan sosialisasi dan tindakan edukatif, terkait peraturan lalu lintas. Akan ada penyuluhan, sehingga ketika dilakukan penegakan hukum secara tegas masyarakat dapat memahami dan menerimanya," ujar Putut, di Mapolda Metro Jaya, Senin (6/5).

Putut berharap, operasi ini dapat mendorong kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas dan menanamkan disiplin di jalan. "Diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat untuk disiplin dan tertib," ungkapnya.

Sasaran utamanya, kata Putut, mempertinggi kesadaran berlalulintas pengendara sepeda motor dan angkutan umum. Pasalnya, pengendara motor dan angkutan umum kerap membuat jalan macet dan berperan aktif menyumbang angka kecelakaan di jalan.

Menurut Putut, peningkatan jumlah kendaraan tanpa diiringi pembangunan sarana dan prasarana yang memadai juga membuat kemacetan kian akut, di Jakarta. Pun peningkatan angka kecelakaan.

"Karena itu, semua pihak musti mencari solusi untuk mengatasi hal itu, agar tercipta keamanan, ketertiban dan kelancaran berlalulintas," tambahnya.

Selain itu, target lain dari operasi ini adalah mengembalikan fungsi trotoar serta menertibkan parkir di bahu jalan, jalur busway, trayek kendaraan umum, sopir angkutan umum, dan terminal.

"Selama operasi berlangsung, juga akan ada tim pengkaji yang bekerja sama dengan instansi terkait untuk melihat kondisi di lapangan dan mencari solusi memecahkan masalah lalu lintas bersama," tandasnya.

Penulis: Bayu Marhaenjati/FMB