Museum Fatahillah yang berada di Kawasan Kota Tua Jakarta.

Jakarta - Sebanyak 45 museum memeriahkan Jakarta Festival Museum Day (JFMD) 2013, yang akan digelar pada Sabtu (18/5) di Taman Fatahillah, Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

JFMD 2013 yang digelar setiap tahunnya untuk memperingati Hari Museum Internasional ini, hanya akan digelar selama satu hari, mulai pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB. Festival ini dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta sejak 2010.

Museum yang ikut dalam festival antara lain Museum Bahari, Museum Nasional, Museum Basuki Abdullah, Museum Sejarah Jakarta, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Kota Tua, Museum Bahari, Museum Tekstil, Museum Joang '45, Museum MH Thamrin, Museum Layang-Layang, Museum Olahraga, Museum Anatomo Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Museum Prangko Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budhiman mengatakan, peserta JFMD tahun ini mencapai 45 museum. Angka tersebut meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 43 museum saja.

“Namun belum semua museum mengikuti acara ini. Di Jakarta ada 53 museum, tapi yang ikut acaranya sebanyak 45 museum saja. Mereka tidak bisa ikut, karena acaranya di lapangan terbuka, takut merusak artefak atau barang-barang bersejarah yang mereka miliki," kata Arie, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (15/5).

Acara ini bertujuan untuk mendekatkan masyarakat terutama kaum muda agar lebih mengenal dan mencintai museum. Sebab sudah saatnya museum dijadikan destinasi pariwisata, sehingga museum harus bersolek diri mempercantik penampilannya, sehingga dapat menarik minat dan perhatian para turis domestik dan mancanegara.

Selain pameran mereka juga akan menampilkan beberapa kegiatan. Seperti misalnya Kota Tua akan menampilkan pagelaran Weekend Kota Tua. Kemudian Museum Wayang mengadakan festival dalang cilik, pameran wayang, dan pagelaran wayang Banyumasan semalam suntuk dengan menampilkan dalang Ki Anom.

“Kami mengharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke museum. Selain itu, warga Jakarta mengetahui berbagai museum yang ada di ibu kota yang jumlahnya mencapai 53 museum. Juga orang tertarik datang ke museum," ujarnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Daya Tarik Destinasi Disparbud DKI Jakarta, Ida Subaidah menargetkan jumlah pengunjung yang hadir dalam JFMD 2013, bisa mencapai 20 ribu orang. Karena target yang cukup banyak, diimbau pengunjung tidak membawa kendaraan pribadi karena keterbatasan lahan parkir.

“Pengunjung diimbau untuk menggunakan angkutan umum seperti bus Transjakarta untuk menuju kawasan Kota tua. Enakan naik busway lho. Daripada bawa mobil nanti parkir susah, naik busway lebih nyaman. Karena sekarang kawasan Kota Tua juga sudah dilintasi busway sehingga dapat menjangkau lokasi lebih dekat, cukup dengan berjalan kaki," jelasnya.

Penulis: Lenny Tristia Tambun