Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama

Jakarta - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), secara resmi telah membuka Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) 2013 di Silang Monas Barat Daya, Jumat (14/6). Acara PPKD 2013 ini memang terasa berbeda, karena baru pertama kalinya dilaksanakan di lapangan terbuka, khususnya Monas.

Sebelum membuka secara resmi, acara dibuka dengan berbagai atraksi kesenian berupa perkusi tradisional dan modern, tarian tradisional Kembang Tarub, serta peragaan busana batik dan tenun dari berbagai penata busana. Masyarakat yang berada di sekitar Monas pun antusias ikut menyaksikan pembukaan acara yang berlangsung meriah tersebut.

Dengan melakukan rampak bedug, Ahok secara resmi membuka acara tersebut. Selanjutnya, dalam sambutannya, Ahok mengatakan bahwa dengan diadakannya PPKD di Monas ini, pihaknya ingin melakukan upaya agar Monas bisa menjadi sebuah pusat dari segala produk kreatif yang dihasilkan anak bangsa, khususnya Jakarta.

"Di Jakarta, kalau ada tempat, semua bisa jadi kaya raya dan berhasil. Masalah utamanya, mau menyewa mahal. Anak-anak kita kreatif, tapi bagaimana mempromosikan barang-barang ini, tempatnya tidak ada," ujar Ahok, saat membuka PPKD 2013, di Silang Monas Barat Daya, Jumat (14/6).

Ahok mengatakan, Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta pun menginginkan supaya banyak pasar yang bisa mempertontonkan tempat untuk produk kreatif ini. Oleh karena lahan Monas yang terbatas, maka pihaknya pun sudah menginstruksikan kepada Bappeda dan PT Jakarta Propertindo untuk membuat Detail Engineering Design (DED), untuk membangun wilayah Monas untuk usaha kreatif tersebut.

"Nanti akan kami sambungkan dengan Stasiun Gambir. Mudah-mudahan tahun depan akan dilakukan. Kalau bisa dilakukan, maka Monas sepanjang tahun akan ramai, karena kalau orang mau datang ke Jakarta cukup ke Monas," katanya.

 

Suara Pembaruan

Penulis: DMP

Sumber:Suara Pembaruan