Pekan Olahraga Pelajar Nasional

Jakarta - Keberhasilan Kontingen DKI Jakarta meraih gelar juara umum Pekan Olahraga Pelajar (Popnas) XII 2013 di Jakarta, merupakan prestasi yang membanggakan.

Untuk itu, Pemprov DKI akan memberikan bonus berupa uang pembinaan kepada para atlet yang berprestasi meraih medali emas, perak dan perunggu.

Sebanyak Rp 1,5 miliar telah disiapkan Pemprov DKI untuk diberikan kepada para atlet tersebut.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, pemberian hadiah tersebut merupakan salah satu apresiasi Pemprov DKI terhadap prestasi yang telah diraih para atlet pelajar DKI Jakarta. Serta, bonus insentif ini diharapkan dapat memotivasi para atlet muda untuk terus menjadi terdepan.

Tidak hanya mengharumkan nama DKI Jakarta di kancah pertandingan olahraga nasional, juga dapat mengumandangkan bendera Merah Putih dan lagu Indonesia Raya di event olahraga skala internasional.

"Kami harapkan uang pembinaan ini dapat terus memotivasi para atlet muda DKI Jakarta menjadi generasi penerus atlet profesional yang dapat terus berprestasi makin baik lagi," kata Basuki di Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (22/9).

Mekanisme pembagian bonus tersebut, diserahkan sepenuhnya kepada Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) DKI Jakarta. Karena Disorda yang terjun langsung dalam pembinaan para atlet DKI.

"Kami serahkan pembagiannya pada Disorda DKI. Dia yang lebih tahu lah," ujarnya.

Kepala Disorda DKI Jakarta, Ratiyono mengatakan, jumlah bonus yang akan diberikan kepada atlet berprestasi lebih besar dibandingkan Popnas dua tahun lalu.

"Bonus sebesar Rp 1,5 miliar akan kami hitung dulu dengan prestasi yang didapatkan atlet. Karena kan medali ada yang diperoleh beregu dan perorangan," terangnya.

Seperti diketahui, pada Popnas kali ini, DKI Jakarta mengirim sebanyak 265 atlet pelajar untuk mengikuti Popnas yang berlangsung dari 14 sampai 20 September 2013. DKI Jakarta sendiri keluar sebagai juara umum setelah berhasil meraih sebanyak 64 emas, 49 perak, dan 41 perunggu. Disusul oleh Jawa Timur yang berada di urutan kedua dengan meraih 43 emas, 46 perak, dan 47 perunggu.

Penulis: Lenny Tristia Tambun