Inilah Aneka Acara Perayaan Tahun Baru 2014 di TMII

 Inilah Aneka Acara Perayaan Tahun Baru 2014 di TMII
Wahana dinosaurus di Pusat Peragaan Iptek Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta. ( Foto: BeritaSatu/Ari Rikin / Ari Rikin )
Fana Suparman / FER Sabtu, 28 Desember 2013 | 06:26 WIB

Jakarta - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dipastikan akan menjadi salah satu destinasi ribuan warga Ibukota untuk menyongsong pergantian tahun.

Dengan berbagai acara menarik yang ditawarkan saat detik-detik menjelang Tahun 2014 nanti, sebanyak lebih dari 50.000 diperkirakan akan memadati TMII yang memiliki luas sekitar 150 hektar tersebut. Bahkan, tak menutup kemungkinan jumlah pengunjung akan membludak hingga 70.000 ribu orang.

"Kita prediksi ada 50 ribu orang. Namun tidak menutup kemungkinan sampai 70 ribu," kata Manajer Humas dan Informasi TMII, Suryandoro dalam jumpa pers di Kantor Pengelola TMII, Jakarta Timur, Jumat (27/12).

Untuk menyemarakkan momen tahunan itu, Pengelola TMII berjanji memberikan warna berbeda yang membekas dalam memori setiap pengunjung.

Salah satu acara menarik yang telah disiapkan oleh pengelola TMII adalah gemerlap kembang api. Nantinya, sebanyak 3.639 tembakan kembang api akan mewarnai langit di atas area TMII.

"Di penghujung tahun tepat pada pukul 00.00 WIB, bertempat di Danau Arsipel TMII pengunjung akan disuguhi sebanyak 3.639 tembakan kembang api dan riuhnya terompet," ungkap Suryandoro.

Selain kembang api, ada juga berbagai hiburan mulai dari kesenian tradisional yang unik, hingga kesenian pop dan dangdut.

"Dari pukul 20.00 WIB, pengunjung sudah dapat menikmati aneka hiburan yang tersaji di panggung-panggung kesenian dan Anjungaan Daerah. Dari kesenian tradisional hingga kesenian pop siap membahagiakan pengunjung yang datang ke TMII," ungkapnya.

TMII, lanjut dia, akan menggelar acara Wayang Kulit di pelataran Candi Bentar TMII dengan lakon 'Narayana Jumeneg' oleh dalang muda Ki Puguh Prasetyo. Sementara untuk kesenian dangdut, pihaknya mengundang primadona Dangdut Eny Sagita.

"Eny Sagita ini pelopor musik dangdut kreasi seni jaranan yang dipadukan dengan musik dandut dan saat ini lagi booming," katanya.

Sementara di Panggung Parkir Utara, terdapat atraksi wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Puguh Prasetyo dari Jawa Timur. Untuk kawasan Panggung Parkir Selatan, pengunjung akan disuguhi acara campur sari.

Sementara bagi pengunjung yang menyukai musik keroncong dapat menikmatinya di belakang Anjungan Kalimantan Barat, sementara sajian musik pop akan digelar di Aquarium Air Tawar, dan Orkes Dangdut di Gedung KTT Non-Blok.

"Kami juga mengundang tokoh-tokoh masyarakat Kota Jakarta termasuk Gubernur DKI Jakarta, Jokowi untuk bergembira bersama masyarakat," katanya.

Tak hanya malam pergantian tahun, menandai dimulai Tahun 2014, pada pagi harinya, TMII menggelar Operet "Satu Indonesiaku Songsong Mentari 2014. Opera yang dikemas dalam hiburan interaktif ini didukung artis Sule KW dan 300 artis potensi seni dari TMII.

Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE