Penertiban Kalijodo Dilakukan Rabu

Suasana di bawah kolong tol Kalijodo Jalan Kepanduan I, Kelurahan Pejagalan, Jakarta Utara pada Akhir Mei 2017 yang dipenuhi bedeng-bedeng. (Suara Pembaruan/Carlos Roy Fajarta Barus)

Oleh: Carlos Roy Fajarta / WBP | Selasa, 13 Juni 2017 | 13:30 WIB

Jakarta- Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menertibkan 80 bangunan liar di bawah kolong Kalijodo, Jalan Kepanduan I, Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara pada Rabu (14/6) besok. Pemkot sudah menggandeng kepolisian dan TNI untuk menertibkan kolong tol yang dijadikan tempat prostitusi maupun peredaran minuman beralkohol dan narkoba.

"Rencananya besok, hari ini kita fokus ke giat lainnya di kawasan dekat Rawa Bebek, tapi penertiban kolong tol pasti akan kita lakukan," ujar Camat Penjaringan, Muhammad Andri, di Jakarta, Selasa (13/6).

Andri mengaku sudah berkoordinasi dengan tim teknis lainnya seperti Dinas Perhubungan, Dinas Kebersihan, PLN, maupun Jasa Marga di seberang Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo itu. "Ya tempat itu sudah tidak layak huni jadi harus steril, apalagi kebanyakan warga di sana merupakan warga pendatang yang cuek dengan keberadaan prostitusi dan miras," tuturnya.

Sementara Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Yani Purwoko menyebutkan pihaknya terus berkoordinasi dengan Polres Metro Jakarta Utara dan Kodim 0502 JU perihal aspek keamanan dari proses penertiban. "Kita antisipasi segala bentuk kerawanan, tadi malam kepolisian juga melakukan operasi pekat. Kita ingin proses penataan ruang kolong tol berjalan aman tanpa gesekan karena sudah dilakukan sosialisasi jauh hari," kata Yani.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT