Ilustrasi percobaan bunuh diri.
Agustinus sudah berada di atas Tower SUTT sejak pukul 08.00 WIB.

Jakarta -
Agustinus, pemanjat Tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) di depan Rumah Sakit Ladokgi TNI AL, Bendungan Hilir atau seberang Jakarta Convention Centre, Senayan, belum juga turun hingga Kamis (31/1) malam. Agustinus, yang diduga hendak melakukan percobaan bunuh diri sudah berada di atas tower tersebut sejak pukul 08.00 WIB.

"Sudah tiga kali kami lakukan upaya, termasuk mengajak dialog sama anggota DPR dan pengacaranya. Tapi, belum mau turun juga. Ini mau keempat kalinya lobi," ujar Kasubsektor Bendungan Hilir, Iptu B Saragih, di lokasi kejadian.

"Katanya dia tadi mau ketemu pengacaranya. Kita upayakan datangkan ibu Ester (pengacaranya), namun sudah dipanggil dan bicara tetap tidak mau turun juga. Pengacaranya itu, tak ada hubungannya dengan kasusnya. Itu pengacara waktu kejadian bakar-bakar ban di Segneg (Sekretariat Negara). Ada banyak permintaannya," tambahnya.

Selain mendatangkan pengacara, kata Saragih, Agustinus juga meminta agar sebidang tanah di Jalan Trunojoyo nomor 30, Surabaya, Jawa Timur, untuk dikosongkan.

"Salah satunya minta tanah di Surabaya di kosongkan sekarang juga. Saya juga ga tahu tanah apa? Belum jelas," katanya.

Saragih mengatakan bahwa pihaknya tetap akan berupaya menurunkan Agustinus dari atas SUTT dan terus bernegosiasi. "Kita upayakan terus. Itu ada pihak Damkar (Pemadam Kebakaran) datang ke empat kalinya mau menurunkan," paparnya.

Menyoal apakah Agustinus mendapatkan makanan dan minuman, Saragih menuturkan, sebelum naik Agustinus sudah membawa bekal.

"Informasinya, dia bawa makanan. Bawa tas. Kabarnya beli ketoprak empat bungkus. Dia juga bawa HP," tandasnya.

Sementara itu, Koordinator Kontrol Line SUTT APP Pulogadung, Wawan Setiono, mengatakan, kejadian ini sudah dua kali terjadi.

"Ini sudah dua kali. Waktu itu di Tower 25 daerah Senen, Jakarta Pusat. Tiga minggu atau empat minggu lalu, saya lupa tepatnya kapan. Naik jam 08.00 namun sudah turun jam 11.00," singkatnya.

Berdasarkan pantauan Beritasatu.com, mobil Damkar kembali datang sekitar pukul 19.00. Salah satu pengacara Agustinus, dalam kasus pembakaran ban di Sekneg, ditemani anggota Damkar, mencoba melakukan negosiasi lagi.

Agustinus sendiri sudah berada di tiwer SUTT itu selama 12 jam lebih. Diketahui, ia mulai naik ke menara itu sekitar pukul 08.00 pagi tadi.

Akibat peristiwa ini, arus lalu lintas di Jalan Gatot Subroto dari arah Slipi ke Semanggi terpantau padat merayap. Sejumlah motor dan mobil nampak memperlambat laju kendaraan untuk melihat. Sejumlah anggota polisi pun, sibuk mengatur lalu lintas di sekitar lokasi.

Penulis: