Legenda sepak bola Argentina, Diego Armando Maradona, yang terkenal dengan gol "tangan Tuhan" pada Piala Dunia 1986

Roma - Legenda hidup sepak bola dunia asal Argentina, Diego Armando Maradona mengklaim bahwa "tangan Tuhan" yang memilih Jorge Mario Bergoglio sebagai Paus Fransiskus adalah tangan yang sama yang telah memberikan Argentina kemenangan pada Piala Dunia 1986.

"Tangan Tuhan" memang menjadi sebutan untuk gol paling masyhur Maradonna ke gawang Inggris pada perempat final Piala Dunia 1986. Ketika itu dia mencetak gol dengan tangannya.

"Saya sungguh sangat bahagia dan saya yakin antusiasme ini juga dirasakan oleh seluruh rakyat Argentina," tulis Maradona kepada surat kabar Il Messaggero yang berbasis di Roma, Italia.

"Semua orang di Argentina bisa mengingat "tangan Tuhan" di laga melawan Inggris pada Piala Dunia 1986. Kini, di negara saya, "tangan Tuhan" itu telah memberikan kita seorang paus asal Argentina," tulis dia lebih lanjut.

Dalam laga perempat final Piala Dunia 1986, Maradona berhasil menyingkirkan Inggris dari turnamen itu dengan dua gol yang paling fenomenal sepanjang masa. Gol pertama dicetaknya melalui sebuah aksi individu melewati barisan pertahanan Inggris. Gol kedua diciptakannya dengan tangan.

Usai laga ia mengklaim bahwa gol itu dicetak "sebagian dengan kepala Maradona, sebagian lagi dengan tangan Tuhan".

Gol itu hingga kini masih membekas di hati warga Inggris. Hari ini surat kabar Inggris, The Sun, menampilkan halaman depan bergambar Paus Fransiskus yang sedang mengangkat tangan dengan judul, "Hand of God".

Penulis: Liberty Jemadu

Sumber:Reuters