Gina DeJesus mengacungkan jempolnya saat tiba di rumah yang dihias balon, 8 Mei 2013.

Cleveland – Tiga wanita korban penculikan di Cleveland disekap selama 10 tahun atau lebih, dan salah satu dari mereka Amanda Berry sempat melahirkan dalam periode itu, dengan bantuan salah satu rekannya yang sama sekali tidak tahu soal proses persalinan.

Ketika Berry sudah waktunya melahirkan, Ariel Castro – yang sekarang didakwa melakukan pemerkosaan dan penculikan – menyuruh satu korban lainnya Michelle Knight untuk membantu proses persalinan.

Bayi itu dilahirkan ke wadah plastik. Ketika terlahir, dia sempat berhenti bernafas dan semua yang di ruangan berteriak. Castro diduga mengatakan, "kalau bayinya mati, aku akan bunuh kamu," menurut sumber-sumber yang diwawancarai CNN.

"Yang paling luar biasa di sini adalah gadis yang tidak tahu apa-apa soal persalinan bisa membantu proses kelahiran bayi yang sekarang tumbuh menjadi anak umur 6 tahun yang sehat," kata sumber tersebut.

Saling Membantu
Tiga wanita tersebut melewatkan siang dan malam di sebuah rumah seluas 1.400 kaki persegi (426 meter persegi) beralamat di 2207 Seymour Avenue. Mereka hanya keluar dua kali saja sepanjang periode itu, kata direktur keselamatan publik Cleveland, Martin Flask.

Mereka kebanyakan dipisahkan di kamar berbeda, meskipun kadang-kadang bisa berinteraksi dan “tergantung satu sama lain untuk bertahan hidup," kata seorang aparat penegak hukum yang tak disebutkan namanya.

Satu hal yang mereka tahu pasti, si penculik tak akan melepas mereka.

Castro sering menguji tiga korbannya Berry, Knight dan Georgina "Gina" DeJesus dengan berpura-pura pergi, lalu tiba-tiba muncul lagi. Jika ada indikasi salah satu dari mereka mencoba kabur, maka akan diberi hukuman, kata sumber tersebut.

Tahun demi tahun berganti dan para wanita itu bisa melihat orang tua mereka di televisi dan menjadi emosional karena tahu para kerabat tengah mencari mereka.

Dan akhirnya, Knight dan DeJesus “pasrah dengan realitas mereka," kata suber penyidik

Namun tampaknya ada sesuatu yang mengusik Berry pada Senin (6/5) malam itu, kata Wakil Kepala Polisi Cleveland Ed Tomba. Dia berusaha kabur dan dengan bantuan tetangga bernama Charles Ramsey dan Angel Cordero dan akhirnya bisa meloloskan diri beserta putrinya, juga Knight dan DeJesus. Rabu malamnya Castro sudah dikirim ke bui.

Pria itu menghadapi empat dakwaan penculikan dan tiga dakwaan pemerkosaan. Para korbannya dipulangkan ke rumah.

"Aku tahu putriku masih hidup di luar sana," kata Felix DeJesus, ayah dari Gina, begitu putrinya itu tiba Rabu pagi di kediaman keluarga. "Aku tahu dia butuh diriku dan tak pernah menyerah." (Bersambung)

 

 

Penulis: Heru Andriyanto/HA

Sumber:CNN