Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Washington - Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan ibu negara Michelle Obama mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri kepada umat Muslim di seluruh dunia.

"Michelle dan saya mengucapkan salam hangat kepada seluruh umat Muslim di Amerika Serikat dan di seluruh dunia yang sedang merayakan hari raya Idul Fitri," ujar Obama dalam sambutannya dalam siaran pers resmi Gedung Putih.

Obama mengucapkan selamat dan terima kasih kepada umat Muslim yang dalam beberapa bulan terakhir, telah menjalankan ibadah dengan cara berpuasa, beribadah, dan menghabiskan waktu bersama.

"Pada acara berbuka puasa di Gedung Putih tahun ini, saya merasa bangga bisa meluangkan waktu bersama begitu banyak umat Muslim di Amerika yang telah berkontribusi memperkuat demokrasi dan perekonomian AS," kata dia.

Dalam sambutannya Obama mengatakan bahwa ibadah puasa mengajarkan kita untuk bersyukur dan saling membantu. Obama juga mengingatkan dunia akan penderitaan yang dialami umat Muslim di Suriah.

"Banyak di antara kita yang masih memiliki kesempatan untuk berbuka bersama - sebuah tradisi yang mengingatkan kita untuk bersyukur atas apa yang kita miliki dan berbelas kasihan terhadap mereka yang tidak seberuntung kita, seperti jutaan rakyat Suriah yang melaksanakan ibadah puasa jauh dari keluarga, keluarga dan orang-orang tercinta." kata dia.

Untuk membantu warga Suriah yang menjadi korban perang, maka dalam kesempatan Idul Fitri kali ini, pemerintah AS memberikan tambahan $195 juta dalam bentuk makanan dan bantuan kemanusiaan lainnya. Secara total, bantuan yang sudah diberikan kepada rakyat Suriah mencapai $1 miliar sejak krisis di negara tersebut dimulai.

"Untuk jutaan warga AS, Idul Fitri adalah bagian dari begitu banyak tradisi AS dan saya mengucapkan semoga umat Muslim mendapatkan berkah dan kebahagiaan. Selamat hari raya Idul Fitri," pungkasnya.

-

Penulis: Faisal Maliki Baskoro/FMB