Wawancara eksklusif Nightline di ABC News menampilkan Marianne Gingrich (19/1), mantan istri bakal calon presiden dari Partai Republik Newt Gingrich, mengenai pernikahannya yang berlangsung 18 tahun dan berakhir dengan perceraian pada tahun 1999
Gingrich menggugat cerai setelah Marianne didiagnosa mengidap mutiple sclerosis

Perempuan yang menikah 18 tahun dengan bakal calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Newt Gingrich, mengatakan mantan suaminya menginginkan "open marriage" atau pernikahan terbuka, setelah ketahuan enam tahun selingkuh dengan stafnya.

Wawancara televisi yang disiarkan Kamis, ibarat tembakan langsung kepada Gingrich yang akan menghadapi pemilihan pendahuluan di South Carolina.

Di negara bagian yang terkenal religius itu, Gingrich berharap dapat memperkecil jarak dengan Mitt Romney yang saat ini memimpin.

Dalam wawancara itu Marianne Gingrich mengatakan mantan ketua parlemen Amerika serikat itu menginginkan pengaturan pernikahan yang memperbolehkan dia memiliki perempuan simpanan namun tetap menikah dengan Marrianne.

"Dia menginginkan pernikahan terbuka dan saya menolaknya," kata Marianne Gingrich dalam acara Nightline di jaringan televisi ABC News.

Dia mengatakan Gingrich mengakui enam tahun berselingkuh dengan Callista Bisek yang sekarang menjadi Callista Gingrich.

Saat itu Bisek adalah staf di Kongres. Mereka menikah setelah Gingrich bercerai.

Marianne Gingrich adalah perempuan kedua yang menikah dengan mantan ketua parlemen yang amat berkuasa pada tahun 90-an.

Untuk kedua kalinya pula Gingrich menikahi perempuan yang menjadi teman selingkuhnya. Marianne menjadi selingkuhan Gingrich, saat lelaki itu masih menikah dengan istri pertamanya, Jackie Battley Gingrich.

Meski pernah menjadi selingkuhan, Marianne Gingrich terkejut ketika mengetahui detail perilaku suaminya. Termasuk saat membawa Callista ke tempat tidur di apartemen mereka di Washington.

"Dia (Gingrich) selalu menelepon saya malam itu. Diakhir telepon dia mengatakan I Love You. Saat itu Callista berada bersamanya (di kamar apartemen)."

Marianne mengatakan Gingrich mengajukan gugatan cerai setelah dia didiagnosa mengidap mutiple sclerosis.

Sebelumnya Gingrich muncul di televisi NBC Kamis pagi. Saat ditanya komentarnya atas keputusan mantan istrinya mengungkapkan perkawinan mereka selama 18 tahun, Gingrich mengatakan," Saya tidak akan mengatakan hal yang buruk mengenai Marianne."

Namun dia menyebutkan informasi itu sangat salah dan menuduh ABC memasuki wilayah perkawinannya.

Dia mengatakan telah memberi ijin kepada dua putrinya dari pernikahan pertamanya untuk memberikan sanggahan terhadap wawancara Marianne.

"Saya tidak akan berkomentar mengenai hal itu. Saya fokus dengan isu yang besar yakni warga Amerika," kata Gingrich. "Para pemilih akan memutuskan penilaian terhadap saya."

"Saya adalah kakek berusia 68 tahun."

"Lihat, bagaimana daya dekat dengan istri saya, Callista. Dan, bagaimana saya dekat dengan anak dan memantu serta dua cucu saya. Mereka akan melihat itu."

Penulis:

Sumber:AFP