56 % Rakyat AS Ragukan Kemampuan Trump

Donald Trump. (AFP)

Oleh: Unggul Wirawan / WIR | Rabu, 4 Januari 2017 | 13:50 WIB

Washington - Sebanyak 56 % rakyat Amerika Serikat (AS) tidak yakin Donald Trump dapat melaksanakan tugas presiden dengan baik. Temuan itu terungkap lewat jajak pendapat terbaru Gallup, Rabu (4/1).

Dengan waktu kurang dari tiga minggu sebelum Trump mengambil sumpah jabatan, hanya 46% orang Amerika optimistis dengan kemampuannya untuk menangani krisis internasional. Jajak pendapat Gallup ini dilakukan pada 7 hingga 11 Desember 2016 dengan menggunakan sampel sebanyak 1.028 orang dan perkiraan margin error sekitar 4%.

Sebanyak 47% menyatakan mereka yakin Trump dapat menggunakan kekuatan militer secara bijaksana dan hanya 44% yang percaya Trump dapat mencegah skandal utama dalam administrasi pemerintahannya.

Pada sisi lain, jajak pendapat itu menunjukkan bahwa 60% orang Amerika yakin pada kemampuan Trump untuk bekerja secara efektif dengan kongres. Sementara 55% rakyat Amerika berpikir bahwa Trump akan mampu mempertahankan kepentingan AS di luar negeri.

Dibandingkan dengan tiga presiden AS ketika mereka menerima jabatan, jajak pendapat soal Trump jauh lebih rendah dalam hal keyakinan warga AS. Sedikitnya 7 dari 10 Amerika yakin pada isu-isu kunci sebelum Barack Obama, George W. Bush dan Bill Clinton masuk ke Gedung Putih.

Walaupun dukungan terhadap Trump telah meningkat sejak pemilihan, ia masih memiliki rating keberpihakan terendah dari presiden AS mana pun yang terpilih.

Ketika Trump dilantik pada 20 Januari 2017, masalah yang akan dihadapi Trump termasuk memerangi ISIS, krisis migran di Eropa, dan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden 2016.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT