Ilustrasi.

Penjara Brasil Rusuh Lagi, 33 Napi Tewas

Ilustrasi. (Antara)

San Paulo - Sedikitnya 33 narapidana tewas akibat bentrokan antargeng di lembaga permasyarakatan Monte Cristo, negara bagian Roraima, Brasil, Jumat (6/1). Kerusuhan ini terjadi hanya selang beberapa hari sejak kerusuhan di negara bagian Amazonas yang menewaskan 56 orang. Kini, kondisi penjara sudah terkendali.

Sejauh ini, pihak keamanan masih belum menemukan kejelasan apakah dua kerusuhan itu saling terkait. Namun Menteri Hukum Brasil, Alexandre Moraes mengatakan kemungkinan kerusuhan terbaru terkait peseteruan anjut antara dua faksi dalam geng yang saling berebut pengaruh.

Menteri Hukum Brasil, Alexandre Moraes mengatakan pasukan khusus yang dikerahkan dari kota Boa Vista, telah mengembalikan situasi keamanan seperti semula. Kekerasan melibatkan narapidana yang merupakan anggota geng bernama First Command in the Capital (PCC).

“Semua korban adalah anggota dari PCC. Ini merupakan aksi penghukuman dalam organisasi. Beberapa dari para korban tewas disebabkan mereka pemerkosa; sedangkan korban lain menganggap mereka menjadi pengkhianat PCC,” ujar Moraes.

Sementara dalam sebuah wawancara radio, pejabat keamanan Roraima Uziel de Castro Júnior mengatakan, pembunuhan mungkin telah dilakukan oleh para narapidana yang bergabung dengan jaringan perdagangan narkoba San Paulo yang dikuasai PCC.



Suara Pembaruan

Unggul Wirawan/WIR

Suara Pembaruan