Terlibat Skandal Korupsi, Presiden Brasil Tolak Mundur

Michel Temer. (AFP)

Oleh: Unggul Wirawan / WIR | Jumat, 19 Mei 2017 | 17:34 WIB

Rio de Janeiro - Presiden Michel Temer Brasil menolak untuk mengundurkan diri, sekaligus membantah tuduhan keterlibatan skandal suap, Kamis (18/5). Penolakan itu disampaikan setelah Mahkamah Agung mengesahkan izin penyelidikan atas Temer dengan tuduhan suap kepada mantan ketua parlemen.

Saat konferensi pers di Brasilia, Kamis (18/5), Temer menolak tudingan rumor bahwa ia telah memberitahukan kepada Ketua Senat Rodrigo Maia tentang rencananya mundur dari jabatan presiden.

“Biarlah saya tegaskan mengenai hal ini: Saya tidak akan mengundurkan diri! Saya tidak memiliki apa-apa untuk disembunyikan,” kata presiden.

Pada Rabu, jaksa Brasil mengatakan, mereka telah menerima rekaman kaset yang membuktikan presiden dan sekutunya terlibat dalam penyuapan dan skema korupsi terbesar, perusahaan daging beku, JBS.

Menurut media O Globo, pemilik perusahaan JBS, Joesley dan Wesley Batista bersaudara, menyerahkan rekaman tersebut kepada jaksa sebagai bagian dari permohonan penawaran mereka.

Temer disebut telah bertemu dan berbicara dengan Joesley soal pembayaran tunai kepada mantan ketua parlemen Eduardo Cunha pada 7 Maret 2017. Dia masih dipenjara karena terlibat dalam skandal korupsi Petrobras. Cunha menjadi bagian penting dari tergulingnya Presiden Dilma Roussef, dan memuluskan jalan bagi Temer untuk mengambil jabatan presiden.

Selain Temer, rekaman yang dilaporkan melibatkan pula mantan kandidat presiden Senator Aecio Neves dan mantan menteri keuangan Guido Mantega. Menurut O Globo, Neves telah dicopot dari jabatan, dan saudara perempuannya juga telah ditahan.

Pada tahun 2016, Temer dan rekannya menggulingkan presiden terpilih Dilma Roussef. Temer menuduh Roussef telah memanipulasi data statistik untuk menyembunyikan keterpurukan ekonomi Brasil. Roussef dihentikan pada Mei dan diberhentikan oleh Senat Brasil pada Agustus 2016. [RT/NewsAgencies/U-5]




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT