Ilustrasi peternakan babi
Ahli patologi kesulitan menentukan penyebab kematiannya.

Pihak petugas di Oregon tengah menginvestigasi bagaimana seorang petani disantap oleh babi-babinya setelah sebagian tubuhnya ditemukan di sebuah kandang di peternakannya.

Terry Vance Garner, 69 tidak pernah kembali ke rumah setelah ia keluar untuk memberi makan ternak-ternaknya pada Rabu pekan lalu di peternakannya yang terletak dekat pesisir Oregon.

Seorang anggota keluarga kemudian menemukan gigi palsu Garner dan sebagian tubuhnya di kandang babi beberapa jam kemudian, dan sebagian besar sisa tubuhnya terlihat telah dimakan. Beberapa babi miliknya memiliki berat 318 kilogram dan lebih.

Sangat mungkin Garner mengalami masalah medis seperti serangan jantung atau diserang oleh binatang-binatang itu kemudian mati dan dimakan, menurut Coos County District Attorney Paul Frasier, menambahkan bahwa setidaknya seekor babi menggigit Garner.

Kemungkinan adanya kecelakaan yang disengaja juga tengah diselidiki.

“Sejauh yang kami ketahui, ini adalah kecelakaan yang mengerikan, namun semua keanehan harus kami selidiki kemungkinannya,” kata Frasier kepada The Register-Guard.

Seorang ahli patologi tidak bisa mengidentifikasi penyebab kematian, menurut laporan surat kabar itu. Sisa tubuh korban masih diteliti oleh seorang antropolog forensik di Universitas Oregon.

Terry Garner adalah “seorang lelaki berhati baik” yang memiliki banyak babi betina dan seekor babi jantan yang dinamakannya Teddy, ujar saudara laki-lakinya, Michael Garner, 75 tahun, dari Myrtle Point.

“Ternak-ternaknya adalah hidupnya. Ia memiliki semua jenis unggas dan kalkun yang berkeliaran di tempatnya. Setiap orang mengenalnya,” ujar Michael Garner.

Michael Garner mengatakan seekor babi betina besarnya menggigit saudara lelakinya tahun lalu ketika tanpa sengaja ia menginjak seekor anak babi. “Ia mengatakan akan membunuh babi itu, namun ketika aku bertanya tentang hal ini, ia bilang sudah berubah pikiran,” kata saudara lelakinya.

Babi-babi domestik biasanya dikenal tidak agresif, namun “ada beberapa tingkat bahaya yang berhubungan dengan binatang apa pun,” kata John Killefer, yang mengepalai  Animal and Rangeland Sciences Department di Oregon State University di Corvallis, kepada surat kabar.

Meski babi adalah hewan paling pemakan segala dari binatang lainnya, Killefer menilai kasus ini sangat tidak biasa.

Kebanyakan babi dibesarkan hingga mereka memiliki berat yang sesuai untuk dijual, yaitu antara 113 – 136 kilogram, sementara babi betina yang dibiakkan jarang yang memiliki berat lebih dari 181 kilogram, menurut Killefer.

Penulis: