Kemunculan terakhir Fidel Castro di depan umum saat bersama Paus Benediktus XVI pada Maret 2012.
Di tengah rumor bahwa Fidel Castro telah meninggal dunia.

Mantan presiden Kuba, Fidel Castro, berada dalam kondisi sehat, demikian menurut salah satu putranya pada Jumat (12/10).

Castro, 86 tahun, “tetap melakukan kegiatannya sehari-hari. Ia berolahraga, membaca, dan tetap menjaga bentuk tubuhnya,” ujar putranya, Alex Castro Soto del Valle di Guantanamo, ketika ia mengadakan sebuah pameran foto yang didedikasikannya untuk ayahnya.

Pernyataan Alex Castro ini langsung dimuat di media-media local mengingat banyaknya rumor di media sosial bahwa Fidel Castro yang menyerahkan kekuasaannya pada 2006 atas alasan kesehatan, telah meninggal.

Setelah mendelegasikan tugasnya pada saudaranya, Raul, mantan pemimpin Kuba ini lebih banyak menghabiskan waktu untuk menulis, menerbitkan lebih dari 400 “refeksi” di media-media resmi Kuba. Dari waktu ke waktu, ia juga menerima kunjungan dari para pembesar dunia.

Meski demikian, tulisan terakhirnya muncul pada 19 Juni. Dan kemunculannya di depan publik terakhir kali terjadi pada 28 Maret, dengan Paus Benediktus XVI, dan 5 April dengan pemimpin pelajar Chili, Camilla Vallejo.

Pada Agustus, Castro merayakan ulangtahun ke-86 secara diam-diam. Selama kekuasaannya selama berpuluh-puluh tahun, Castro sangat menjaga kehidupan pribadinya, hingga banyak warga Kuba tidak tahu nama istrinya, Dalia Soto del Valle dan lima anaknya.

Penulis: