Presiden Amerika Serikat Barack Obama
Tertulis dalam aksara Arab

Hanya tiga pekan jelang pemilihan presiden di Amerika Serikat sejumlah foto yang menggambarkan cincin pernikahan calon petahana Barack Obama mulai menjadi isu hangat di media AS. Sejumlah pihak mengklaim di cincin itu terpatri kalimat syahadat Islam.

Berita yang pertama kali dirilis oleh World Net Daily, sebuah media online konservatif di AS, pada Rabu (10/10) silam. Dalam laporannya WND menulis di cincin pernikahan Obama terdapat tulisan kalimat "Tidak ada tuhan selain Allah" dalam aksara Arab.

Gedung Putih menolak berbicara tentang rumor tersebut ketika coba dikontak oleh Al Arabiya.

Adalah Joel Gilbert, seorang pakar Timur Tengah dan produser film dokumenter yang meragukan garis keturunan Obama, yang pertama kali mengutarakan rumor tersebut.

Selain Gilbert, dalam sebuah wawancara ekslusif dengan WND Mark Gabriel, penulis buku tentang terorisme dan Islam, juga mengklaim bahwa cincin pernikahan Obama yang telah dikenakannya selama hampir 30 tahun bertuliskan kalimat Syahadat.

Menurut Gabriel tulisan di cincin Obama itu tersusun dalam dua baris. Di baris pertama, paling atas, tulisan itu berbunyi, "Tidak ada tuhan" sementara di sisa kalimat yang tertulis di bawahnya berbunyi, "selain Allah".

Sementara itu TheBlaze.com, sebuah media beraliran konservatif lainnya berusaha untuk mencari konfirmasi lain tentang cincin tersebut dengan mewawancarai Dr. Ali Asani, seorang pakar Agama dan Budaya Islam di Harvard University.

Asani dalam wawancaranya dengan TheBlaze mengaku tidak bisa memastikan apakah kalimat Syahadat memang terpatri pada cincin Obama tersebut karena foto yang ditunjukan kepadanya sangat buram.

"Saya harus melihatnya lebih dekat untuk mengetahui lebih jelas apa isisnya," tukas Asani.

Penulis: