Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton
Bersyukur bisa menjadi bagian dalam kepemerintahan Obama.

Hillary Rodham Clinton efektif mundur dari jabatannya sebagai Menteri Luar Negeri Amerika Serikat mulai dari hari Jumat (1/2) pukul 4 sore waktu setempat.

Dalam surat kepada Presiden Barack Obama, Clinton mengungkap rasa terima kasih secara resmi atas kesempatannya menjadi salah satu pejabat di administrasinya. Clinton merasa bangga untuk bisa menjadi bagian dalam kabinet Obama.

"I am more convinced than ever in the strength and staying power of America's global leadership and our capacity to be a force for good in the world," tulisnya.

Pengunduran dirinya efektif begitu diambilnya sumpah sang pengganti, John Kerry --dilakukan di hari yang sama. Kerry menjadi Menlu ke-68 AS.

Di lobi gedung tempatnya bekerja, Clinton dikelilingi pegawai-pegawai yang menegelilinginya untuk sekadar bersalaman, minta foto, hingga mengungkapkan rasa terima kasih singkat.

Walau belum mengungkap rencananya, Clinton mengatakan, masih ingin membuat perubahan pada hal-hal yang ia rasa penting.

Tak lama dari pengajuan pengunduran dirinya, sebuah bom bunuh diri meledak di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Ankara, Turki. Dua orang meninggal: penjaga gedung dan orang yang melakukan bunuh diri.

Menanggapi bom bunuh diri tersebut, Clinton mengatakan, hal-hal semacam ini menunjukkan bahwa semua orang saat ini sedang hidup di masa yang kompleks dan berbahaya.

Penulis: /WEB