Ilustrasi Nutrisi untuk Anak

Sistem imun tubuh adalah pelindung kita melawan berbagai penyakit. Tapi anak-anak tak langsung dilahirkan dengan sistem imun yang kuat. Ini yang membuat kita perlu memperkuatnya.

Ketika anak mulai tumbuh dalam rahim seorang ibu, ia terlindungi dari gangguan bakteri, virus maupun penyakit.

Tapi saat ia dilahirkan ke dunia, maka si kecil mulai terpapar aneka virus dan bakteri.

Itulah mengapa bayi menjadi sakit. Tapi seiring pertumbuhan si kecil, sistem imun mereka akan semakin kuat, apalagi jika mereka mendapatkan asupan yang tepat sehari-hari.

Pertanyaan selanjutnya adalah, apa cara yang tepat untuk meningkatkan sistem imun anak? Berikut langkah-langkah yang bisa kita lakukan.

1. Menyusui
Adalah proses alamiah untuk menyusui si kecil sejak ia dilahirkan. Terutama jika Bunda melakukan inisiasi menyusui dini (IMD).

Tapi tahukah Anda kalau air susu ibu (ASI) memiliki antibodi untuk meningkatkan kekebalan tubuh si kecil sekaligus sel darah putih. ASI akan membantu meningkatkan sistem imun bayi. Sehingga ASI ekslusif amat penting untuk mengembangkan sekaligus memperkuat sistem imun si kecil sejak ia berusia dini.

2. Konsumsi buah dan sayur segar
Anak-anak amat membutuhkan buah dan sayur segar untuk meningkatkan sistem imun mereka. Kandungan antioksidan serta aneka vitamin dalam buah amat baik bagi sistem imun anak. Berikan buah serta sayur setiap hari sebagai camilan ketimbang biskuit atau makanan kecil instan.

3. Hindari makanan siap saji serta makanan olahan
Memang anak-anak menyukai makanan siap saji sekaligus olahan, tapi itu bukan berarti keduanya baik bagi mereka. Sebaliknya kandungan kimia dan penambah rasa yang terdapat dalam makanan olahan justru dapat menganggu sistem imun anak.

Untuk mengantisipasinya, biasakan anak-anak mengonsumsi makanan buatan rumah. Selain itu sebagai orangtua, kita juga harus mencontohkan kebiasaan yang baik dengan menghindari mengonsumsi junk food, karena anak-anak akan mengikuti perilaku kedua orangtuanya sebagai panutan mereka.

4. Olahraga
Aktivitas ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh pada anak. Usahakan agar anak tak selalu duduk di depan televisi atau asyik bermain game konsol atau menghadapi layar komputer.

Biarkanlah mereka bermain melakukan aktivitas dengan teman-teman sebayanya di luar. Bunda juga bisa menjadwalkan waktu berolahraga bersama keluarga seperti berenang di akhir pekan atau aneka kegiatan sejenis.

5. Menjaga kebersihan
Meningkatkan sistem imun tubuh juga tak lepas dari menjaga higienitas serta kebersihan setiap anggota keluarga di rumah. Ajarkan cara mencuci tangan yang benar dan baik, membiasakan diri untuk mencuci tangan setelah buang air, atau saat akan makan harus diterapkan kepada seluruh anggota keluarga.

Selain itu biasakan mengganti sikat gigi si kecil lebih sering. Karena sikat gigi dapat membawa kuman dan membutuhkan penanganan yang higienis. Ajarkan agar anak tak menukar-pakai sikat gigi mereka.

6. Hindari antibiotika
Penggunaan antibiotika yang sering justru akan melemahkan sistem imun anak. Apabila mereka terserang flu, itu terjadi karena virus, bukan bakteri sehingga tak diperlukan antibiotika, yang justru bisa berakibat buruk bagi si kecil.

7. Cukup tidur
Anak-anak membutuhkan lebih banyak waktu beristirahat dibanding orang dewasa agar tetap sehat. Jika si kecil kurang tidur, maka itu akan berpengaruh pada sistem imun mereka.

Anak usia pra-sekolah membutuhkan waktu tidur selama 10 jam, balita selama 12-13 jam sementara bayi yang baru dilahirkan butuh waktu istirahat 18 jam. Pastikan anak-anak beristirahat secara cukup setiap hari.

Penulis: Yudo Dahono/YUD

Sumber:Life Mojo