Ilustrasi anak dan rangka dinosaurus.

Kebanyakan anak pasti ingin tahu banyak tentang binatang, termasuk tentang binatang yang sudah punah, dinosaurus. Bantu ia tahu lebih banyak dengan trivia-trivia tentang dinosaurus, seperti di bawah ini:

Dinosaurus Terbesar
Dinosaurus terbesar bernama Brachiosaurus. Tubuhnya sangat besar, bahkan bisa disebut sebagai hewan raksasa. Panjangnya 23 meter dan beratnya 70 ton. Kira-kira sama dengan berat 15 ekor gajah. Meski bertubuh besar, Brachiosaurus terkenal jinak karena hanya memakan tanaman. Mereka hidup berkelompok sehingga terlindung dari serangan dinosurus pemakan daging.

Dinosaurus Terkecil
Tidak semua dinosaurus bertubuh besar. Comsoghnatus salah satu dinosaurus bertubuh kecil, bahkan jenis paling kecil. Tubuhnya hanya sebesar ayam. Berkat tubuh kecilnya, Compsoghnatus bisa berlari sangat cepat.

Dinosaurus Terpanjang
Dinosaurus terpanjang disebut Diplodocus. Lehernya sangat panjang, lebih panjang dari leher jerapah. Ekornya pun sangat panjang seperti ular. Dari ujung kepala hingga ujung ekor, panjangnya mencapai 27 meter. Dengan lehernya yang panjang dan lentur, Diplodocus bisa meraih daun di puncak pohon raksasa.

Dinosaurus Terganas
Tyrannosaurus atau lebih tenar dengan sebutan T-Rex terkenal sebagai dinosaurus pemakan daging paling buas. Sesuai namanya, tyran, yang artinya kejam, mereka memburu dinosaurus lain, tidak peduli besar dan kecil. Gigi-giginya panjang, tebal, tajam, dan kuat. Mampu merobek daging dan meremukan tulang.

Dinosaurus Terpintar
Menurut para ilmuwan, semakin besar otaknya, semakin pintar makhluk itu. Stenonychosaurus bisa jadi dinosaurus paling pintar, sebab jenis ini memiliki otak lebih besar dibanding dinosaurus lain.

Penulis: Rumah Oren/NAD