12 dua belas cerpen anak karya Arumi Ekowati

Membesarkan seorang anak yang cerdas melibatkan tidak hanya kecerdasan intelektual tapi juga harus diimbang dengan kecerdasan emosional dan empati. Kualitas ini diperlukan untuk membentuk karakter pemimpin di masa depan pula. Kemampuan berpikir anak dimulai dari kebiasaan membaca.


 


Membaca buku tak hanya seputar buku pendidikan, memancing kemampuan anak daat diarahkan juga dengan membaca buku fiksi. Buku kumpulan cerita ini merangkum dua belas cerpen anak karya Arumi Ekowati, penulis yang telah banyak menulis cerpen anak, cerpen remaja dan beberapa novel. Beberapa cerpen pernah dimuat di banyak media cetak di tanaah air. Apa saja kisah di dalamnya?


 



 1. Kucing Misterius
Zara, anak kelas lima SD yang selalu peka bila ada sesuatu yang tak beres. Seperti saat ia bertemu seekor kucing yang muncul tiba-tiba di ruang belajarnya setiap pukul dua siang. Suatu hari kucing itu menuntun Zara ke rumah Oma Nancy. Ada apa di rumah itu?


 


2.  Kasus Tetangga Baru
Zara melihat ada keanehan pada tetangga baru di depan rumahnya. Zara melihat seorang gadis kecil yang terlihat murung dan ketakutan. Insting detektif Zara beraksi, ia segera menyelidiki keanehan tetangga barunya itu.


 



3.  Bukan Sulap Bukan Sihir
Bukan Sulap Bukan Sihir, semua anak senang melihat aksi sulap Pak Dompi, termasuk juga Zara. Tapi saat Pak Dompi menyulap uang dua puluh ribu rupiah menjadi lima puluh ribu rupiah, Zara mulai menyadari ada sesuatu yang tidak beres.


 



4.  Kode Rahasia
Mita teman sebangku Zara panik. Uang kas kelas yang disimpannya hilang. Uang itu ia tinggal di kelas selama pelajaran olahraga. Untunglah Zara mempunyai ide jitu untuk menemukan uang yang hilang itu, menuliskan sebuah kode rahasia.


 



5.  Kalung Berliontin Huruf ‘N’
Ketika sedang bermain sepeda, Nana menemukan sebuah kalung berliontin Huruf ‘N’.  Saat Nana memakainya, tiba-tiba saja muncul seorang gadis cilik yang berteriak mengatakan kalung yang dipakai Nana itu adalah kalungnya.


 



6.  Satpam Sekolah
Satpam Sekolah Danu baru. Kata teman-temannya, namanya Pak Beni. Danu terkejut mendengarnya. Tiba-tiba saja ia merasa cemas. Jangan-jangan satpam baru itu adalah…


 



7.  Geng Emerson
Dede dan Rifki ketakutan tiap kali Geng Emerson datang. Mereka terdiri dari Emerson yang paling besar dan galak, Topan dan Noval. Jika Geng Emerson sudah datang, itu artinya Dede dan Rifki harus segera menyingkir.


 



8.  Hantu Hitam
Kak Iis bertugas membersihkan rumah Alia di atas bukit, di rumah itu ada hantu hitam yang sering muncul. Alia tidak percaya. Tetapi suatu malam saat Alia baru saja ingin tidur, ia benar-benar melihat Bayangan Hitam mengintip di jendela kamarnya. Ternyata…


 



9.  Gadis Kecil Dalam Cermin.
Saat Nida ingin tidur, ia mendengar suara dari arah cermin antik yang baru dibeli mama. Nida terkejut melihat di dalam cermin itu ada gadis kecil tetapi bukan bayangan dirinya. Bahkan gerakan gadis kecil dalam cermin itu tidak sama dengan gerakan tubuh Nida.


 



10. Mimpi Peri
Tayara suka sekali cerita peri. Ia sering berkhayal menjadi peri. Tayara tak mengira harapannya terkabul. Suatu pagi ia berubah menjadi peri. Ia memiliki sayap dan bisa terbang.


 



11. Hadiah Merah Jambu
Viko punya adik namanya Anit yang pandai menyanyi dan bermain piano. Piala Anit banyak di rumah. Sedangkan Viko belum pernah memenangkan lomba apa pun. Viko iri pada Anit. Tak sengaja, Viko membuat Anit celaka dan menyebabkan Anit tak bisa ikut lomba menyanyi. Untuk menebus kesalahannya, Viko menyiapkan hadiah istimewa untuk Anit.


 



12.  Peri Gigi
Apa bayangan Bedu tentang Peri Gigi? Cantik, bersayap, ramah dan baik hati. Tapi bagaimana jika peri gigi itu ternyata adalah ayah teman Bedu yang menurutnya aneh? Peri gigi ini tetap baik, ramah dan murah senyum, tapi...ada yang aneh.

Detil buku


 


Judul: Zara Sang Detektif Cilik
Penulis : Arumi E
Penerbit : Zettu
Harga : Rp 26.000,-

Penulis: Rumah Oren/GP

Sumber:Rumah Oren