Suasana kampanye pemilu di Malaysia.

Kuala Lumpur - Pemilu Malaysia diwarnai politik kotor dengan aksi oposisi menuduh pemerintah melakukan sabotase melalui video seks yang diduga melibatkan salah satu tokoh penting partai Islam oposisi.

Lebih banyak video diperkirakan beredar di dunia maya, termasuk satu video seks di 2011 yang melibatkan anak perempuan pemimpin oposisi Anwar Ibrahim, Nurul Izzah Anwar.

Analis memperingatkan taktik negatif dalam kampanye dapat menjadi bumerang bagi partai berkuasa Organisasi Nasional Malaysia Bersatu (UMNO).

Banyak pihak telah memperingatkan bahwa pemilu 2013 akan menjadi pemilu paling “kotor” yang pernah terjadi di Malaysia.

Seorang tokoh penting dari partai Islam oposisi terlihat dalam sebuah video menggambarkan dia berkencan dengan seorang perempuan muda. Tokoh itu menyangkal terlibat dalam video.

Laporan kekerasan selama kampanye pun bertambah, kebanyakan kasus serangan terhadap para pendukung oposisi. Satu orang dilaporkan koma setelah dipukuli oleh sekelompok orang.

Sebuah iklan dipasang di tempat umum menuding oposisi akan menerapkan hukum Islam terhadap non-Muslim. Oposisi mengutuk iklan itu dengan menyebutnya sebagai bahaya menjual ketakutan agama.

Penulis: SP/D-11/FEB

Sumber:AFP