Puluhan bayi panda muncul di depan publik untuk pertama kalinya di Chengdu, Provinsi Sichuan, Tiongkok.

23 Bayi Panda Pemalu Debut di Depan Publik

Puluhan bayi panda muncul di depan publik untuk pertama kalinya di Chengdu, Provinsi Sichuan, Tiongkok. (CCTV)

Chengdu, Tiongkok - Sebanyak 23 ekor bayi panda untuk pertama kalinya dipertontonkan ke masyarakat di kota Chengdu, Provinsi Sichuan, Tiongkok, Kamis (29/9) lalu.

Mahluk-mahluk mungil dan menggemaskan ini baru berusia satu sampai empat bulan, terlahir di Pusat Penangkaran Panda Rakasasa di Chengdu, seperti diberitakan stasiun televisi Tiongkok CCTV.

"Saya tak pernah membayangkan akan ada begitu banyak bayi panda di satu tempat," kata seorang turis asal Amerika yang menyebut namanya Aaron.

Pengunjung lainnya, seorang wanita bernama Zheng Shuo asal Provinsi Hunan, awalnya tak mengira kalau bayi-bayi panda itu asli.

"Saya kira cuma boneka karena awalnya berbaring di sana tanpa bergerak, lalu saya menyadari mereka ini ternyata bayi-bayi panda yang imut," ujar Zheng.

Berkat perkembangan teknologi pembiakan, jumlah kelahiran bayi panda di pusat penangkaran tersebut meningkat menjadi 27 ekor tahun ini, hampir dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Ilmuwan menggunakan analisis ilmiah, bukan sekedar mengamati tingkah laku panda dewasa, untuk menemukan waktu yang tepat mengawinkan mereka.

Pusat penangkaran tersebut sudah membiakkan 176 panda raksasa sejak didirkan pada 30 tahun yang lalu.



Heru Andriyanto/HA

YouTube