Masih Diburu, Sejumlah Tersangka Pembunuh Kim Jong-nam

Warga menyaksikan televisi yang menyiarkan berita pembunuhan Kim Jong-nam, saudara tiri pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un. (AFP)

Oleh: Unggul Wirawan / WIR | Senin, 20 Maret 2017 | 15:52 WIB

Kuala Lumpur - Polisi Malaysia menyatakan akan melakukan penangkapan sejumlah tersangka kasus pembunuhan Kim Jong-nam. Pada Minggu (19/3), polisi menyebut ada sejumlah tersangka yang merupakan sosok penting dalam pembunuhan kakak tiri, pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un itu.

Kepala Kepolisian Malaysia Khalid Abu Bakar menambahkan bahwa penahanan akan dilakukan pada waktu yang tepat.

“Saya tidak menyangkal kami menargetkan sosok baru termasuk warga berkebangsaan Korea Utara yang terlibat dalam pembunuhan ini dan kami akan menggunakan semua sumber daya hukum untuk menangkap mereka. Walaupun saya tidak dapat mengungkapkan siapa mereka, kami percaya ada 'orang penting' di antara mereka,” ujarnya.

Polisi Malaysia sebelumnya telah mengidentifikasi delapan warga Korut yang dicari untuk diperiksa terkait dengan pembunuhan Kim Jong-nam. Beberapa dari mereka bersembunyi di Kedutaan Korut.

Seorang perempuan Vietnam dan seorang perempuan Indonesia sudah menghadapi tuntutan hukum atas kasus pembunuhan tersebut.

Kim Jong-nam telah dibunuh pada 13 Februari 2017. Polisi Malaysia mengatakan dua perempuan mengoleskan cairan beracun super agen saraf VX pada wajah Kim Jong-nam di Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Pada Kamis, polisi mengatakan Interpol telah mengeluarkan "peringatan merah", hampir serupa dengan perintah penangkapan secara internasional, untuk empat warga Korut yang dicari terkait dengan pembunuhan Kim Jong-nam. [Reuters/U-5]






Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT