Wapres Tegaskan Indonesia Tidak Akan Campuri Konflik AS-Korut i

Jusuf Kalla.

Oleh: Novi Setuningsih / FER | Selasa, 18 April 2017 | 18:02 WIB

Jakarta - Wakil Presiden (Wapres), Jusuf Kalla (JK), menekankan, Indonesia tidak akan turut campur dalam ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara (Korut). Meskipun, dalam beberapa hari ke depan, Wakil Presiden (Wapres) AS, Michael Richard Pence, akan berkunjung ke Tanah Air.

"Ini kan Korut yang negaranya arahnya tidak tahu mau bagaimana. Biarlah mereka menyelesaikannya. Posisi kita kan berpengaruh juga, tapi ya masih cukup jauh lah," kata JK, Selasa (18/4).

Menurutnya, konflik antara AS dan Korut memang sudah berlangsung sejak lama dan masih berlangsung. Meskipun, kata JK, kerap diwarnai dengan gencatan senjata.

"Korea memang serba sulit di Korea itu, baik keadaan Korut dan Korea Selatan (Korsel) juga, dilema tapi ini masalah yang sudah 60 tahun masalah itu. Jadi bukan masalah baru juga karena sampai sekarang itu mereka masih perang. Dalam arti posisi itu mereka hanya gencatan senjata saja, belum ada pengakhiran perang," ungkap JK.

AS memang berulang kali menyatakan dengan tegas penolakan terhadap rencana Korut mengembangkan teknologi nuklirnya.

Hingga pada 9 April, Angkatan Laut AS mengirim armada kapal tempur yang dipimpin oleh Kapal Induk USS Carl Vinsin mendekati Semenanjung Korea. Hal itu dilakukan sebagai respon atas peluncuran rudal balistik oleh Korut pada bulan Februari 2017.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT