Setelah Surut, Jumlah Korban Tewas Banjir India Melonjak

Relawan menggunakan perahu untuk menyelamatkan warga yang terjebak banjir di rumah-rumah mereka, di Kota Chennai, negara bagian Tamil Nadu, Jumat (4/12). (Dok SP)

Oleh: Unggul Wirawan / WIR | Senin, 31 Juli 2017 | 16:05 WIB

New Delhi - Banjir yang parah di India barat telah menewaskan 213 orang. Pada Minggu (30/7), pejabat mengatakan tim penyelamat terus memeriksa desa-desa yang dilanda hujan deras setelah banjir mulai surut.

Jumlah korban tewas di negara bagian Gujarat melonjak dari jumlah total pada hari Rabu sebanyak 123 orang. Sejumlah korban tewas ditemukan setelah air surut dari daerah dataran rendah, yang memungkinkan pekerja mencapai titik-titik terpencil, tempat mayat mulai muncul.

“Jumlah korban tewas di Gujarat musim ini telah meningkat menjadi 213 orang,” ujar A.J Shah, direktur operasi bantuan pemerintah Gujarat.

Otoritas setempat memperkirakan jumlah korban akan terus naik dan mengatakan mereka telah berjuang untuk memeriksa sejumlah mayat yang memerlukan identifikasi dan pemeriksaan pasca-mortem. Hal itu mengakibatkan penundaan dalam mengkonfirmasikan kasus kematian terakhir.

Seorang pejabat di ruang kontrol darurat negara menjelaskan hanya setelah dilakukan pemeriksaan mayat, pihaknya dapat secara resmi memastikan identitas kematian seseorang.

"Karena banyak mayat ditemukan, postmortem membutuhkan akibat jumlah lonjakan tiba-tiba," ujar pejabat tersebut, yang meminta namanya dirahasiakan.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT