Inilah salah satu tradisi unik masyarakat India yang dilakukan setiap tahun, yaitu menelan Ikan Sarden hidup-hidup untuk menyembuhkan asma.
Meski dikritik para dokter, terapi yang menggunakan ramuan rahasia ini masih dilakukan masyarakat India setiap tahunnya.

India termasuk salah satu negara yang mempunyai banyak tradisi unik. Salah satunya adalah menelan ikan sarden hidup-hidup.

Mereka percaya dengan memakan ikan tersebut dalam keadaan hidup dapat menyembuhkan penyakit asma yang dideritanya.

Tradisi inilah yang dilakukan pada Jumat (8/6). Ribuan penderita asma memadati sebuah stadion di India bagian selatan.

Mereka menelan sarden hidup yang dilapisi dengan pasta herbal kuning. Dengan cara tersebut mereka berharap sesak napas atau asma yang dideritanya bisa sembuh.

Terapi ini mulanya dilakukan oleh keluarga Goud Bathini. Mereka mengklaim menerima formula herbal rahasia dari orang suci Hindu, sekitar 170 tahun lalu.

Formula herbal tersebut lalu dimasukkan ke dalam mulut ikan dan dibalurkan pula ke seluruh tubuh ikan Sarden, kemudian disantap hidup-hidup. Terapi pengobatan ini kemudian diturunkan kepada anggota keluarganya dan generasi selanjutnya.

Mereka menyediakan ramuan tersebut setiap tahunnya pada hari yang telah dipilih oleh seorang astrolog.

Sayangnya, formulasi ramuan tersebut dirahasiakan karena mereka beralasan, orang suci Hindu telah memeringatkan untuk tidak mengungkapkannya. Bila diungkapkan, maka khasiatnya akan hilang. Begitulah alasan yang dikemukakan oleh keluarga pewaris ramuan tersebut.

Setelah menelan ikan tersebut, penderita diminta untuk berhenti makan makanan yang digoreng dan menjaga pola makan secara ketat selama 45 hari, dari 25 makanan yang berbeda, termasuk domba, beras, gula putih, mangga kering, bayam dan mentega.

Meski terapi pengobatan nyeleneh ini mendapat kritikan dari para dokter, tapi hingga kini masih banyak masyarakat India yang memercayainya.

Penulis: