Umat muslim di India melakasanakan sakat Id di Taj Mahal, India. FOTO: AFP PHOTO/ STR
Umat Islam di Indonesia amat taat menjalankan lima Rukun Islam.

Umat muslim Indonesia boleh berbangga soal ketaatan mereka soal kepercayaan kepada Tuhan dan Nabi Muhammad. Dalam survei yang dilakukan oleh Pewforum, umat Muslim Indonesia menjadi salah satu dari penganut Islam tertaat di dunia.

Pada survei yang melibatkan lebih dari 38 ribu wawancara langsung dalam 80 lebih bahasa, ditemukan bahwa kaum Muslim Indonesia, Malaysia serta Thailand amat taat dalam menjalankan Rukun Islam.

Survei itu menunjukkan bahwa umat Islam di Indonesia, Malaysia, dan Thailand sangat patuh menjalankan lima Rukun Islam: syahadat, shalat, zakat, puasa, dan ibadah haji.

Dari 1,6 miliar umat Muslim di seluruh dunia yang disatukan pada kepercayaan akan Tuhan dan Nabi Muhammad itu ternyata memiliki aspek dan pandangan yang berbeda mengenai kepercayaan mereka. Termasuk di dalamnya bagaimana pentingnya agama dalam hidup.

Bagaimana mereka memandang diri sendiri sebagai seorang Muslim serta melihat praktik yang pantas diterima dalam Islam.

Survei tersebut meneliti bagaimana gaya hidup, ritual sehari-hari serta bagaimana mereka menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Survei ini dilakukan pada umat Muslim di seluruh negara dengan populasi Muslim lebih dari 10 juta terkecuali Aljazair, China, India, Iran, Saudi Arabia, Sudan, Suriah dan Yaman. 39 negara serta wilayah yang masuk dalam survey Pew ini adalah 2/3 dari seluruh populasi Muslim di seluruh dunia.

Ternyata dari 5.000 responden Muslim yang diambil sampelnya di Asia Tenggara, terlihat bagaimana pentingnya agama dalam kehidupan sehari-hari. 95% Muslim di Thailand memandang agama sebagai hal yang penting diikuti Indonesia (93%) dan Malaysia (93%).

Sementara soal ketaatan berpuasa Ramadan, 99% responden di Asia Tenggara mengaku menjalankannya. Angka itu lebih tinggi dibanding Asia Selatan (96%), Afrika sub-Sahara (94%), Timur Tengah-Afrika Utara (94%), Eropa Selatan-Timur (66%) dan Asia Tengah (52%).

Soal zakat fitrah, 93% responden di Asia Tenggara mengaku menunaikannya setiap tahun. Angka itu jauh melampaui Asia Tengah (89%), Timur Tengah-Afrika Utara (79%), Afrika sub-Sahara (77%), Asia Tengah (69%) dan Eropa Selatan-Timur (56%).

Dalam survei ini ditemukan bahwa ibadah sehari-hari yang masuk dalam rukun Islam adalah wajib bagi setiap Muslim. Rukun Islam yang mencakup: dua kalimat syahadat, salat lima waktu, puasa di bulan Ramadan, zakat fitrah, serta menjalankan ibadah haji setidaknya sekali seumur hidup.

Menariknya dua Rukun Islam dalam survei ini yaitu puasa di bulan Ramadan serta zakat fitrah menjadi hal yang umum dilaksanakan semua umat Muslim di seluruh dunia.

Penulis: