27 Orang Tewas dalam Kecelakaan Pesawat di Kazakhstan

27 Orang Tewas dalam Kecelakaan Pesawat di Kazakhstan
Ilustrasi kecelakaan pesawat jatuh (EPA) ( Foto: EPA )
Rabu, 26 Desember 2012 | 15:02 WIB
Korban dalam kecelakaan itu termasuk pejabat sementara Kepala penjaga perbatasan Kazakhstan Turganbek Stambekov dan istrinya

Sebanyak 27 orang tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat militer di Kazakhstan yang membawa perwira pasukan penjaga perbatasan, demikian terangan badan keamanan negara itu Rabu.

"Total 27 penumpang dari pesawat itu, termasuk tujuh anggota kru, telah binasa," kata Badan Keamanan Nasional (KNB) Kazakhstan dalam sebuah pernyataan.

Korban dalam kecelakaan itu termasuk pejabat sementara Kepala penjaga perbatasan Kazakhstan Turganbek Stambekov dan istrinya.

Pesawat itu jatuh kira-kira 20 kilo meter dari bandara Shymkent, tempat pesawat itu seharusnya mendarat setelah menempuh perjalanan dari Astana, ibu kota Kazakhstan.

Televisi pemerintah Kazakhstan mengabarkan bahwa pesawat itu jatuh dari ketinggian 800 meter. Sejumlah saksi mata juga mengaku mendengar ledakan keras ketika kecelakaan itu terjadi. Tayangan televisi Kazakhstan, yang disiarkan Rabu, menunjukkan serpihan pesawat berjenis An-71 yang beserakan di tanah.

Stasiun televisi pemerintah, Khabar, mengutip laporan warga lokal mengatakan bahwa badai musim dingin tengah melanda wilayah itu ketika pesawat itu terjatuh.

Masalaha keselamatan penerbangan memang menjadi masalah pelik di sejumlah negara bekas Uni Soviet karena pesawat-pesawat yang digunakan masih merupakan bekas peninggalan negara komunis itu.

November lalu sebanyak delapan orang tewas di Kazakhstan setelah helikopter Mi-8 buatan Rusia jatuh ketika sedang terbang mengangkut sejumlah pipa.
CLOSE