Asian Games 2018

Profil Negara: Maladewa

Profil Negara: Maladewa
Alexander Madji / AB Sabtu, 21 Juli 2018 | 00:00 WIB

Republik Maladewa bukan pendatang baru pada ajang Asian Games. Mereka sudah terlibat sejak 1982. Sejak saat itu, mereka tidak pernah absen, meskipun dari sudut prestasi, negara kepulauan di Samudera Hindia itu masih minim. Mereka belum mendapatkan satu medali pun dalam setiap keikutsertaan di pesta olahraga bangsa-bangsa Asia ini.

Pada Asian Games empat tahun lalu di Incheon, Korea Selatan, Maladewa mengirim 142 atlet. Meski tidak meraih satu medali pun, para pemimpin negeri itu mengklaim mereka sudah meraih target yang dipasang. Minimal penampilan para atlet dari negeri yang terkenal sebagai tempat bulan madu yang paling indah sudah merebut hati publik Korea Selatan.

Pulang tanpa satu pun medali tidak masalah bagi Maladewa. Begitu juga saat tim sepakbola putri mereka kecolongan 38 gol pada tiga pertandingan dan tidak berhasil mencetak satu gol pun. Bahkan, tim bola tangan Jepang menghantam tim bola tangan Maladewa dengan skor 79-0!

Pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Maladewa juga tidak membawa target yang muluk. Mereka tidak mengutamakan hasil pertandingan. Juga tidak mementingkan medali. Yang paling penting adalah publik mengenal mereka.

Maladewa tergolong negara kecil, karena hanya berukuran 298 kilometer persegi. Total populasinya 444.259 jiwa (2018) dengan tingkat kepadatan 1.102,5 per kilometer persegi.

Mereka dipimpin oleh Presiden Abdulla Yameen. Yang paling penting bagi Maladewa dengan keikutsertaan di Asian Games adalah mempromosikan negara itu sebagai surga pengantin baru. Dengan ajang ini, mereka mau menjual pariwisata yang menjadi andalannya.



Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN