Profil Negara: Tajikistan

Profil Negara: Tajikistan
Alexander Madji / AB Sabtu, 21 Juli 2018 | 00:00 WIB

Tajikistan adalah salah satu negara pecahan Uni Soviet. Negara berpenduduk 8,6 juta jiwa (2018) dan saat ini dipimpin oleh Presiden Emomali Rahmon yang tinggal di ibu kota Dushanbe. Luas wilayahnya hanya 143.100 kilometer persegi.

Tajikistan adalah negara yang terletak di Asia Tengah dan tidak memiliki pantai karena berbatasan dengan Tiongkok di timur, Uzbekistan di barat, Kirgistan di utara, dan Afganistan di selatan.

Setelah berpisah dari Uni Soviet, negara ini dilanda perang saudara pada 1992-1997. Setelah periode buram berakhir, negara ini mulai berkembang dan ekonomi perlahan-lahan bertumbuh.

Di bidang olahraga, Tajikistan mulai berpartisipasi dalam Asian Games di Hiroshima pada 1994. Sebagai pendatang baru, mereka tergolong sukses. Mereka langsung merebut dua medali perunggu. Prestasi terbaik Tajikistan diraih pada Asian Games Doha 2006 dengan perolehan dua medali emas dan dua perunggu.

Pada Asian Games di Incheon, Korea Selatan, empat tahun silam, prestasi Tajikistan sedikit menurun. Mereka hanya merebut satu medali emas, satu perak, dan tiga perunggu. Medali emas Tajikistan di Doha, Guangzhou, dan Incheon dihasilkan dari cabang lontar martil dan tinju. Cabang yang sama masih menjadi andalan negara itu untuk merebut medali di Jakarta dan Palembang Agustus-September ini.

Mereka juga memiliki cabang-cabang lain yang akan menjadi andalan, seperti tinju yang meraih perunggu pada Olimpiade London 2012 dan judo. Atlet-atlet negara lain patut mewaspadai atlet-atlet dari negara ini pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.



Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN