Ilustrasi syariah

Jakarta - Pangsa pasar (market share) industri perbankan syariah pada kuartal I-2013 hampir menembus 5%, yaitu di angka 4,9%. Pangsa pasar tersebut terbentuk dari perolehan aset yang mencapai Rp 214,5 triliun, naik 37,8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Sebuah angka (market share) di industri perbankan syariah yang belum pernah terjadi sebelumnya," jelas Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Halim Alamsyah dalam pembukaannya di acara Forum Group Discussion 'Bank BUMN Syariah' di Kantor Kementerian BUMN, Rabu (8/5).

Halim menjelaskan, pertumbuhan aset ini lebih tinggi daripada pertumbuhan aset perbankan konvensional yang hanya mencapai 16,8% secara year on year (yoy). Bahkan, pertumbuhan ini juga lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan keuangan syariah global yang rata-rata 15-20% per tahun.

Dari sisi operasionalnya, pembiayaan perbankan syariah sekitar 70-80% didominasi oleh pembiayaan usaha kecil dan mikro (UMKM). Bahkan aktivitas pembiayaan perbankan syariah tergolong cukup aktif dengan rasio pembiayaan dan simpanan di atas 90%.

Investor Daily

Penulis: GTR/FMB

Sumber:Investor Daily