Lee Min Ho dan Park Min Young.
Jessica SNSD dulu.
Lee Min Ho dan Jessica SNSD juga diduga melakukan operasi plastik.

Isu tentang maraknya para artis asal Korea Selatan melakukan operasi plastik muncul, saat hal tersebut menjadi tren di kalangan masyarakat Korea di awal tahun 2004. Operasi plastik di negeri gingseng tersebut menjadi sebuah tren saat tingkat ekonomi masyarakatnya mulai berlari kencang.

Salah satu artis Korea yang ramai diberitakan media melakukan operasi plastik adalah Park Min Young. Bintang City Hunter dan Mamn of Honour tersebut diberitakan melakukan operasi wajah dan tubuhnya sebanyak lima kali. Mulai dari operasi mata agar terlihat lebih terbuka sampai payudaranya yang tampak lebih shape (kencang).

Menurut beberapa sumber yang dilansir dari berbagai media, masyarakat Korea kerap melakukan operasi plastik untuk perubahan mata yang lebih besar, hidung mancung, dahi yang memiliki volume penuh dan wajah yang lebih kecil (melakukan operasi dagu dan rahang) dengan model v-line atau oval.

Hal tersebut memang kontras dengan kondisi fisik rata-rata masyarakat Korea asli yang memiliki mata kecil (sipit), volume dahi yang lebih kecil, serta wajah yang cenderung besar, berbentuk kotak dan bulat.

Maka tidak mengherankan, sejak Hallyu Wave merajalela, banyak masyarakat dunia yang "terkecoh" dengan penampilan para artis K-Pop maupun K-Drama. Banyak yang menganggap, para artis Korea tersebut memiliki wajah dan fisik yang sempurna.

Bagi masyarakat Korea sendiri, menurut survei, mereka tidak terlalu mempedulikan hal tersebut, lantaran sudah menjadi budaya instan yang mengakar. Apalagi untuk biaya operasi di Korea, digadang-gadang lebih murah hingga 50 persen daripada di negara-negara Eropa dan Amerika.


Dari pengakuan, hingga diam-diam

Menurut data dari Departemen Kesehatan Korea, sebanyak 65 persen perempuan di Korsel melakukan operasi plastik (oplas), dari jumlah tersebut 99 persen adalah artis. Baik itu oplas ringan maupun mengubah total tampilan wajah dan tubuh menjadi "mahluk baru".

Namun, tidak sedikit artis Korea yang menyembunyikan kondisi mereka pasca operasi plastik. Bukan karena takut tidak diterima masyarakat Korea, melainkan para manajemen artis yang menaunginya sudah lebih cerdas membaca pasar dunia.

Terutama di kawasan Asia, banyak masyarakatnya yang mengharamkan operasi plastik. Sementara Hallyu Wave harus bisa masuk ke berbagai kalangan masyarakat dunia. Sehingga menyembunyikan operasi plastik, menjadi pilihan yang dianggap pantas.

Hal ini terbukti dari sejumlah artis yang tidak ingin membahas masalah operasi plastik di media-media internasional. Pembahasan justru lebih banyak tentang tren busana dan kisah cinta ala K-Drama yang menguras emosi para penggemar.

Namun tidak semua artis memiliki prinsip untuk menyembunyikan operasi plastik yang pernah mereka lakukan. Salah satunya adalah Kim Yu-mi, pemenang kontes kecantikan, Miss Korea Juli lalu. Ia terang-terangan mengaku, jika dirinya tidaklah memiliki kecantikan alami.

Pengakuan tersebut bermula saat foto-foto lamanya beredar di dunia maya. Yang mengejutkan, foto-foto tersebut sangat jauh berbeda dengan dirinya saat menerima mahkota sebagai Miss Korea.

"Saya paham, pasti banyak orang yang kecewa dengan rahasia yang saya pegang. Padahal saya tidak ingin menyembunyikan (operasi plastik) apa yang telah saya lakukan," ujarnya dalam sebuah wawancara dengan tvN.

Artis lainnya yang mengakui pernah melakukan operasi plastik adalah Kim Hyun Jung. Kim mengaku melakukan operasi di bagian hidung agar tampak proporsional.

Sementara itu Lee Min Ho pun disebut-sebut melakukan operasi Plastik di bagian hidung. Banyak bukti dan fakta yang menunjukkan adanya perbedaan hidung Lee saat bermain di serial drama Mackerel run dan Boys Before Flowers. Hidung Lee tampak lebih mancung dan proporsional di serial terbarunya tersebut.

Berikut adalah daftar beberapa artis yang diberitakan sejumlah media melakukan operasi plastik. Sebagian di antara mereka sudah mengakuinya, namun sebagian lagi tidak ingin membahasnya bahkan cenderung menutup-nutupinya.

1. Park Min Young
2. Lee Min Ho
3. See Woo
4. In Young
5. Hun Young
6. Kim Hyung jung
7. Kim Yu-mi
8. Jessica SNSD 

Penulis:

Sumber:Dari berbagai sumber