Ilustrasi orang merokok.
Menikmati seks yang lebih dahsyat bisa kita dapatkan dengan berhenti merokok.

Berhenti merokok mungkin sulit dilakukan apalagi bagi mereka yang sudah kecanduan rokok. Tapi ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dengan berhenti menghisap rokok.

1. Seks yang lebih hebat
Berhenti merokok meningkatkan aliran darah dan memperbaiki sensitifitas. Lelaki yang berhenti merokok akan memperbaiki kemampuan ereksi mereka. Sementara bagi perempuan kemampuan mencapai orgasme akan membaik dan semakin mudah terangsang.

Dalam penelitian ditemukan mereka yang tidak merokok tiga kali lebih menarik lawan jenis dibanding perokok.

2. Meningkatkan kesuburan
Mereka yang tidak merokok lebih mudah hamil. Sementara itu berhenti merokok juga memperbaiki kualitas rahim dan membuat sperma lebih mudah untuk membuahi sel telur.

Berhenti merokok juga meningkatkan peluang untuk hamil dan mengurangi risiko terjadinya keguguran. Selain itu berhenti merokok meningkatkan peluang memperoleh bayi yang sehat.

3. Kulit terlihat lebih muda
Penampilan yang lebih muda dan segar bisa Anda dapatkan dengan berhenti merokok. Penuaan kulit akan terhambat dengan berhenti merokok begitu pula dengan timbulnya kerutan. Mereka yang tidak merokok mendapatkan lebih banyak nutrisi, termasuk oksigen bagi kulit.

4. Gigi lebih putih
Dengan berhenti merokok, gigi kekuningan yang timbul akibat asap rokok akan berkurang dan Anda akan memiliki nafas yang lebih segar. Mantan perokok memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami sakit gusi dan kehilangan gigi secara prematur.

5. Nafas lebih segar
Berhenti merokok membuat Anda bernfas lebih mudah dan jarang batuk. Ini terjadi karena kapasitas paru-paru meningkat hingga 10 persen selama sembilan bulan sejak berhenti merokok.

Memiliki kapasitas paru-paru yang maksimal berarti perbedaan yang cukup besar saat Anda berusia lanjut. Saat Anda mulai berumur, kapasitas paru yang maksimal membuat Anda bisa menjalani hari tua dengan lebih aktif dan sehat.

6. Memperpanjang usia
Setengah dari mereka yang merokok dalam jangka panjang, meninggal dalam usia dini karena penyakit terkait dengan rokok. Penyakit itu termasuk jantung, kanker paru-paru serta bronkitis kronis.

Dalam penelitian, lelaki yang berhenti merokok pada umur 30 menambahkan 10 tahun ke dalam usia mereka. Sementara itu mereka yang berhenti merokok di umur 60 mendapat tambahan usia 3 tahun. Tak pernah ada kata terlambat untuk berhenti merokok.

7. Mengurangi stres
Studi menunjukkan tingkat stres perokok menurun setelah mereka berhenti merokok. Kecanduan nikotin membuat perokok merasa stres saat berhenti menghisap rokok. Kenikmatan yang diberikan nikotin hanya sementara dan tak mengurangi stres pada perokok.

Selain itu peningkatan oksigen pada aliran darah membuat mantan perokok bisa berkonsentrasi dengan lebih baik dan memiliki kondisi mental yang lebih baik.

8. Organ Penciuman dan pengecap yang lebih baik
Berhenti merokok membuat Anda bisa mencium dan merasakan dengan lebih baik. Tubuh akan mendapatkan kembali sensitifitas yang hilang akibat ratusan kimia beracun yang ditemukan dalam rokok.

9. Mendapatkan lebih banyak energi
Dalam jangka waktu 2 hingga 12 pekan berhenti merokok, sirkulasi darah akan meningkat. Kondisi ini membuat semua aktivitas fisik termasuk berjalan dan berlari lebih mudah.

Berhenti merokok membuat imunitas tubu meningkat sehingga tak mudah terserang flu dan demam. Meningkatnya pasokan oksigen dalam tubuh juga membuat mantan perokok tak mudah capek dan merasa pening.

10. Menyehatkan teman dan kerabat
Dengan berhenti merokok, Anda mengurangi perokok pasif dan mereka yang terpapar asap rokok dari tangan ketiga (third hand smoker). Perokok pasif menghadapi risiko kanker paru, penyakit jantung dan stroke. Begitu pula dengan pneumonia, bronkitis serta infeksi telinga dan asma.

Bahkan anak yang menjadi perokok pasif menghadapi risiko tiga kali lipat lebih besar di usia dewasa dibanding mereka yang tinggal dengan non-perokok.

Tak pernah ada kata terlambat untuk berhenti merokok. Dengan aneka manfaat kesehatan yang sudah dipaparkan diatas, tentu tak ada salahnya untuk mulai berhenti merokok bukan?

Penulis: