Cano Cristales.
Sungai Cano Cristales di Kolombia Utara. Di antara sungai yang paling indah di dunia yang satu ini menempati tempat khusus.

Disebut sebagai sungai yang alirannya dari surga, Cano Cristales merupakan kaleidoskop hidup dalam warna yang sangat menarik wisatawan dan ilmuwan dengan flora bawah laut yang kaya.

Sungai di hutan hujan tropis Kolombia ini semula tampak biasa-biasa, seperti sungai ribuan lainnya, air jernih berbatasan dengan batu abu-abu dan lumut coklat kusam. Tapi tiba-tiba berubah secara dramatis seperti pelangi.

Apa yang membuatnya begitu istimewa? Nah, ada jangka waktu singkat hanya di antara musim basah dan kering ketika tingkat air di sungai hanya cocok untuk banyak spesies lumut dan ganggang, mereka mekar dalam warna yang paling indah.

Dikeringkan selama musim panas, mereka tiba-tiba mekar dalam warna fuchsia dan biru, zamrud hijau, kuning terang dan merah di dasar sungai.

Sungai ini menarik perhatian semua orang hanya pada tahun 1980, ketika penjelajah Andres Hurtado ditemukan secara tidak sengaja kemegahan psikedelik dari sungai ini. Dia menamainya "Rainbow River" karena terpesona warna-warna cerah, ditampilkan di bawah airnya.

Waktu terbaik untuk mengunjungi sungai ini adalah bulan Juli, Agustus dan September (dan kadang-kadang Oktober dan November).

Pada saat ini banyak agen-agen perjalanan menawarkan jasa mereka dalam mengorganisir tur ke situ. Sungai dengan panjang 100 km ini melalui "de la Serrania Macarena" National Park (juga dikenal sebagai Macarena Reserve), terkenal kaya flora dan fauna.

Taman nasional, sekitar 130 km panjang dan lebar 30 km itu adalah tempat tinggal lebih dari 420 jenis burung, 43 reptil, 10 amfibi dan 8 primata.

Kota yang paling dekat dengan Cano Cristales adalah kota La Macarena, dari situ wisatawan harus menyewa pemandu dan mengambil kuda atau keledai (atau hanya berjalan melalui hutan) untuk mencapai Cristales Cano, karena tidak ada jalan di daerah tersebut.

Lokasi yang terpencil mengakibatkan sejumlah kecil wisatawan asing mengunjungi Cano Cristales setiap tahunnya.

Penulis: