Ilustrasi balon udara.
Untuk membuat satu buah balon udara dibutuhkan biaya sebesar Rp500.000-Rp1 juta.

Perayaan hari raya idul fitri di sejumlah daerah penuh dengan berbagai tradisi, salah satunya di Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk memeriahkan hari kemenangan, warga menggelar tradisi mengudarakan balon udara tradisional dengan berbagai bentuk dan warna.

Tradisi ini digelar warga desa di Kecamatan Selomerto, Wonosobo, untuk memeriahkan hari raya idul fitri. Even mengudarakan balon tradisional ini diikuti puluhan warga desa.

Pantauan di lokasi, setiap tim terdiri dari sepuluh orang. Mereka menerbangkan berbagai bentuk dan model balon, yang terbuat dari kertas dengan bantuan tiang pancang.

Balon-balon tersebut akan mampu mengudara tinggi dan bertahan lama, jika asap dan tekanan yang diberikan sesuai dengan ukuran balon. Namun, tidak sedikit balon yang gagal terbang, dan pecah akibat tersangkut tiang pancang, atau tekanan asap terlalu besar.

Pelaksanaan tradisi ini merupakan puncak rangkaian kegiatan pada bulan Ramadan sekaligus memeriahkan hari raya Idul Fitri. Untuk membuat satu buah balon berukuran besar sepuluh meter dan berdiameter satu meter dibutuhkan biaya sebesar Rp500.000-Rp1 juta, tergantung modelnya.

Penulis: