Ilustrasi pengecekan kadar gula darah
Kurang latihan fisik, terlalu banyak karbohidrat dan stres bisa menaikkan kadar gula darah.

Diabetes mellitus adalah penyakit yang disebabkan oleh kenaikan gula darah.

Untuk orang dengan kadar gula darah yang tidak stabil, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan gula darah naik. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Karbohidrat
Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat terlalu banyak atau bentuk lain dari zat gula dapat menyebabkan naiknya gula darah. Tubuh terkadang tidak mampu mengolah karbohidrat terlalu banyak menjadi energi, sehingga kadar gula darah dapat meningkat dalam hitungan jam.

2. Insulin
Kenaikan gula darah ini juga bisa disebabkan oleh kekurangan produksi insulin dalam tubuh. Hal ini dapat diatasi melalui diet dan aktivitas fisik.

3. Tekanan
Emosi juga dapat sangat memengaruhi gula darah dan menyebabkan kadar gula darah tinggi. Untuk itu, selain kesehatan fisik, emosi dan pikiran juga harus harus dijaga.

4. Kurang Latihan
Latihan fisik teratur setiap hari dapat membantu mengatur kadar gula darah. Dan sebaliknya, kurang latihan dapat menyebabkan gula darah meningkat.

5. Infeksi, Penyakit, dan Operasi
Ketika mengalami rasa sakit, infeksi, atau operasi, kadar gula darah biasanya meningkat lebih cepat dibandingkan orang yang tidak sakit atau tidak mengalami infeksi.

6. Obat-obatan
Makan beberapa jenis obat-obatan, seperti steroid juga dapat memengaruhi kadar gula darah. Obat tersebut dapat meningkatkan gula darah.


Penulis: