Novel Wali Sanga
"Buku ini bercerita tentang cerita tentang masing-masing Wali."

Sebuah buku bertemakan sejarah penyebaran Islam hadir. Buku tersebut menceritakan kisah Wali Sanga (9 Wali) yang menyebarkan agama Islam di Nusantara. Buku setebal 270 ini ditulis oleh Damaar Shashangka, novelis asal malang dan di editori oleh Salahuddien GZ ini banyak menceritakan perjuangan para wali dalam menyebarkan agama Islam.

"Buku ini bercerita tentang cerita tentang masing-masing Wali (dalam Wali Sanga) yang bersumber dari sejarah babad tanah jawa, tutur masyarakat (cerita masyarakat), berdasar dari pelbagai sumber yang otentik," ungkap Salahuddien GZ selaku editor Buku Wali Sanga ini di Waroeng Apresiasi Budaya, Bulungan Jakarta beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut dijelaskan Salahuddien GZ, Buku ini berbeda dari buku lain karena tak hanya sejarah masuknya Islam secara damai namun juga menceritakan cerita tentang masa-masa radikal penyebaran Islam.

"Buku ini berbeda karena tak hanya sisi damai masuknya Islam ke Nusantara, tapi juga saat-saat radikalisme penyebaran Islam pasca meninggalnya sunan Ampel.  Disana banyak diceritakan pertentangan pertentangan memperebutkan kekuasaan guna menggeser ajaran Siwa Budha," jelasnya.

Buku yang diproduksi Dolphin ini sudah banyak beredar di toko-toko buku di seluruh jaringan Gramedia,Toga Mas, dan lainnya memang berisi fakta sejarah dan imajinasi penulis yang dirangkai dalam sebuah cerpen.

"Buku ini berisikan 80 persen data-data otentik dan sisanya adalah imajinasi penulis agar terlihat lebih enak dibaca. Dan buku ini sudah mulai terbit pertengahan bulan November 2012," tuturnya.

"Buku ini juga dapat dijadikan sebagai referensi sejarah tentang perjuangan para wali yang tergabung dalam Wali Sanga dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia," tutup Salahuddien GZ.

Penulis: