Menhub Minta Lion Air Group Terbang ke India

Pesawat milik maskapai Lion Air. (BeritaSatu Photo/Danung Arifin)

Oleh: Thresa Sandra Desfika / WBP | Jumat, 21 Juli 2017 | 21:35 WIB

Tangerang - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menugaskan maskapai nasional Lion Air Group untuk terbang ke India, Bangladesh, dan Pakistan dari Medan, Sumatera Utara. Hal ini dilakukan untuk menarik minat kunjungan wisatawan.

"Sekarang kita tugaskan kepada Lion Air Group untuk menjangkau India, Pakistan, Bangladesh dari Medan sehingga dari utara ini banyak turis-turis," kata Menhub usai meresmikan gedung operasional Lion Air di Tangerang, Jumat (21/7).

Dengan adanya rencana ini, Menhub berharap target kunjungan wisatawan manca negara sebanyak 20 juta dapat tercapai disamping sebagai wujud konektivitas nasional.

Selain India, Menhub menyebut negara di Timur Tengah juga menjadi sasaran untuk yang diterbang maskapai dalam negeri disamping penerbangan umroh atau jaji.

Terkait rencana penerbangan Lion Air ke India, Menhub mengatakan, segera dilakukan pembaharuan perjanjian (air service agreement) dengan pemerintah India. "Kita tinggal mengadakan (pembaharuan) perjanjian dengan India setelah itu selesai mungkin tidak sampai satu bulan sudah bisa (terbang ke India)," ujarnya.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait mengaku berkomitmen melaksanakan penerbangan dari negara-negara di Asia Selatan, guna meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia. Untuk itu Edward memastikan bulan depan Batik Air yang tergabung dalam Lion Group akan menerbangi India. “Nanti bulan depan paling lambat Batik Air akan masuk ke India, sasaran kita adalah membawa mereka (turis) ke Medan dan Denpasar,” ucap Edward.

Lebih lanjut dijelaskan Edward sejumlah kota di India ditargetkan akan diterbangi Batik Air Indonesia seperti New Delhi, Mumbay, Hijra Bat, dan Bangalore. Untuk itu pihaknya telah menyiapkan armada guna mendukung rencana tersebut.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT