Pekan Ini BEI Gencar Lakukan Literasi Pasar Modal

Ilustrasi IHSG (Antara/Muhammad Adimaja)

Oleh: Whisnu Bagus Prasetyo / WBP | Sabtu, 12 Agustus 2017 | 14:44 WIB

Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali melakukan berbagai program literasi pasar modal di sepanjang pekan ini. Sosialisasi dan edukasi pasar modal direalisasikan melalui serangkaian kegiatan Public Expose Marathon, peresmian Galeri Investasi, Investor Club di kantor perwakilan serta sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Program literasi pasar modal pertama yang digelar BEI pekan ini adalah Public Expose Marathon 2017 yang digelar bersama Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), di Jakarta pada 7 hingga 9 Agustus 2017. Sebanyak 54 Perusahaan Tercatat menampilkan paparan publik secara langsung menjabarkan perkembangan terbaru terkait kinerja dan rencana kerja perusahaan di Gedung BEI.

"Peserta yang terdiri dari investor, calon investor, maupun analis berdiskusi dengan manajemen untuk mengetahui kondisi perusahaan guna memutuskan berinvestasi," kata Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan PT BEI, Yulianto Aji Sadono dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (12/8).

Untuk lebih memasifkan penyebaran informasi pasar modal di berbagai daerah, khususnya kepada kalangan akademisi, pada pekan ini BEI meresmikan pendirian 13 Galeri Investasi yang tersebar di berbagai daerah seperti Salatiga, Riau, Jambi, Kebumen, Palembang, hingga Solo.

"Saat ini jumlah Galeri Investasi BEI yang telah diresmikan di sepanjang tahun 2017 adalah 57 dan terhitung sudah terdapat 297 Galeri Investasi di seluruh Indonesia," kata Aji.

BEI melalui Kantor Perwakilan Riau mengadakan Kegiatan Investor Club bersama PT Reliance Sekuritas, pada Senin (7/8). Sedangkan pada Jumat (11/8), BEI dan KSEI bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melaksanakan Program Desa Nabung Saham.

Sementara BEI, KSEI, dan MNC Sekuritas bekerja sama dengan OK OCE Stock Center menyelenggarakan edukasi untuk jurnalis pasar modal yang bertajuk “Training of Trainers”, di Gedung BEI.

Adapun, hari ini Sabtu (12/8) BEI bersama dengan KPEI dan KSEI, mengadakan acara Capital Market Community Gathering 2017. Acara ini dihadiri oleh Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen, Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan, dan diisi dengan seminar inspiratif dari berbagai pembicara.

Pelaksanaan Stock Code Fun Walk pada Minggu (13/8) menandai puncak rangkaian acara Peringatan 40 Tahun Diaktifkannya Kembali Pasar Modal Indonesia. Acara ini juga ditujukan untuk meningkatkan kebersamaan, menjalin tali silaturahmi, dan meningkatkan motivasi di antara pelaku Pasar Modal Indonesia.




Sumber:
ARTIKEL TERKAIT