REI Tegaskan Komitmen Pacu Pembangunan Rumah

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera), Basuki Hadimuljono, menyerahkan penghargaan Realestate Creative Awards (RCA) 2017 untuk kategori Top Devoted Association Leader for Public Housing kepada Ketua Umum DPP REI, Soelaeman Soemawinata. (Beritasatu Photo/Istimewa)

Oleh: Feriawan Hidayat / FER | Senin, 21 Agustus 2017 | 11:25 WIB

Jakarta - Ketua Umum DPP REI, Soelaeman Soemawinata, memperoleh penghargaan Realestate Creative Awards (RCA) 2017 untuk kategori Top Devoted Association Leader for Public Housing karena dianggap telah memberikan perhatian yang cukup besar terhadap pembangunan rumah rakyat.

Pemberian penghargaan untuk pria yang akrab disapa Eman ini, diserahkan langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera), Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan ini, Eman menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang tinggi terhadap penghargaan RCA 2017 yang diterimanya. Menurutnya, penghargaan terhadap tokoh, proyek dan produk pendukung properti memberi semangat kepada pengembang terutama dalam situasi pasar yang mengalami kelesuan seperti sekarang ini.

"Saya kira even seperti ini termasuk pameran properti menjadi salah satu cara membangun pandangan kepada khalayak bahwa industri properti masih bergairah dan layak menjadi salah satu pilihan investasi yang baik," ungkap Eman di Jakarta, Senin (21/8).

Pihak REI sendiri, kata dia, terus konsisten membangun rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dirinya optimistis, target pembangunan 210.000 unit rumah rakyat dapat terpenuhi hingga akhir tahun ini. "Sampai dengan Juli, sudah terbangun sekitar 90.000 unit," kata dia.

Selain itu, lanjut Eman, melihat pencapaian pada tahun lalu dimana REI memberikan kontribusi realisasi rumah non-subsidi sekitar 250.000 unit, untuk tahun ini pihaknya optimistis dapat menyumbang hampir 450.000 unit atau 45 persen dari target Program Sejuta Rumah.

"Kami akan update terus data realisasi pembangunan rumah subsidi dan non-subsidi. Namun, sejauh ini pasokan cukup baik. REI akan buktikan bahwa kami mampu memberi kontribusi besar terhadap program pemerintah," tegas Eman.

Garansi Presiden Jokowi

Menurut Eman, pihaknya akan mendorong anggota REI di seluruh Indonesia untuk bekerja keras menyukseskan Program Sejuta Rumah. Apalagi, kata dia, REI sudah mendapatkan "garansi" dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melaporkan langsung kepada pemerintah pusat jika masih terdapat daerah yang menghambat perizinan.

"Kami merespon cepat penegasan Bapak Presiden Jokowi dan akan langsung bekerja melakukan survei dan pemetaan ke seluruh daerah untuk mengecek kondisi pelayanan perizinan dengan berkoordinasi kepada 35 DPD REI," kata Eman.

Pemetaaan tersebut, kata dia, mencakup informasi pelayanan yang berkaitan dengan sektor perumahan antara lain perizinan pemda, pertanahan, perbankan, listrik, air bersih dan lain-lain.

"Data tersebut, nantinya akan menjadi bahan laporan REI secara periodik baik kepada Menteri terkait maupun langsung kepada Presiden Jokowi," tegasnya.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT