Tahap Awal, Bandara Kertajati Layani 14 Rute

Sejumlah alat berat digunakan dalam pembangunan Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, 24 Februari 2017. (Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Oleh: Thresa Sandra Desfika / HA | Rabu, 13 September 2017 | 22:52 WIB

Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemhub) mengatakan Bandara Kertajati di Jawa Barat pada tahap awal pengoperasiannya bakal melayani 14 rute penerbangan. Rute-rute itu terbagi atas 10 rute domestik dan empat rute internasional.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso menjelaskan bandara itu akan mulai beroperasi pada pertengahan 2018. Menurut dia, bandara yang berlokasi di Kabupaten Majalengka itu setelah beroperasi akan dapat mengurangi kepadatan arus penumpang di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

"Bandara Kertajati pada tahap awal akan melayani 14 rute, yakni 10 rute domestik dan empat rute internasional pada tahap pertama pengoperasiannya. Rute internasional tersebut akan melayani Arab Saudi, Singapura, Malaysia, dan Thailand," kata Agus dalam keterangan tertulis, Rabu (13/9).

Dia menjelaskan, rute penerbangan ke Arab Saudi menjadi prioritas karena bisa mengurangi kepadatan di Bandara Soekarno Hatta pada musim haji maupun umrah.

Menurut Agus, jumlah jamaah umrah dari Indonesia terus meningkat secara signifikan. Data dari Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi tercatat 875.958 warga negara Indonesia yang melakukan umrah pada tahun ini.

"Berarti ada kenaikan sebesar 24% dari tahun lalu. Secara keseluruhan, Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan 6,75 juta visa umrah, naik 6% dari tahun sebelumnya," jelas Agus.




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT