Pembebasan Lahan Pelabuhan Patimban Segera Dimulai

Ilustrasi pembebasan lahan. ()

Oleh: Thresa Sandra Desfika / FER | Kamis, 14 September 2017 | 18:19 WIB

Jakarta - Pemerintah segera melakukan pembebasan lahan seluas 570 hektare (ha) untuk keperluan pembangunan Pelabuhan Patimban Subang, Jawa Barat (Jabar). Alokasi anggaran pengadaan lahan disiapkan sebesar Rp 500 miliar. Proses pembebasan lahan ditargetkan rampung paling lambat Januari 2018.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemhub), Bay M Hasani mengatakan, lahan Pelabuhan Patimban sudah ditetapkan oleh Gubernur Jabar. Namun, Bay menyebutkan, proses pembebasan lahan tak dapat segera dilakukan lantaran perlu menunggu persetujuan anggaran dari DPR.

"Kami juga perlu membebaskan lahan Pelabuhan Patimban. Anggarannya tinggal nunggu diketok saja sehingga nantinya proses pembebasan lahan bisa sejalan dengan proses-proses lainnya," jelas Bay di Jakarta, Kamis (14/9).

Dia menambahkan, anggaran pembebasan lahan ini berasal dari APBN dan bukan bersumber dari pinjaman Jepang.

"Lahan yang akan dibebaskan untuk kegiatan kepelabuhanan. Memang belum dibebaskan tapi sudah ditetapkan lokasinya oleh gubernur. Lahannya ada sebanyak 490 bidang," imbuh Bay.

Secara simultan, kata Bay, Kemhub tengah menyiapkan proses lelang kontraktor dan konsultan pembangunan Pelabuhan Patimban. "Ini untuk lelang sudah tahap penyusunan dokumen lelang. Kami mengharapkan awal 2018 sudah mulai pembangunan secara fisik," tambahnya.




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT