Pertamina Gelar OP Elpiji 3 Kg di Pelalawan

Tabung gas tiga kilogram. (Antara)

Oleh: / PCN | Kamis, 14 September 2017 | 20:30 WIB

Pekanbaru - Pertamina Marketing Operation Region I Branch Riau menggelar operasi pasar elpiji tiga kilogram sebanyak 2.240 tabung di Kabupaten Pelalawan, Riau, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan menetralisir harga.

"OP berjalan aman dan lancar," kata Pejabat sementara Area Manager Communication & Relations Pertamina Sumbagut Arya Yusa Dwicandra di Pekanbaru, Kamis.

Menurut Arya, Pertamina pada OP kali ini di Pelalawan menyediakan sebanyak 2.240 tabung elpiji tiga kilogram yang digelontorkan langsung ke masyarakat dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp18.000/tabung.

"Setelah di Dumai, Indragiri Hilir dan Pekanbaru, kini giliran Pelalawan yang digelar operasi pasar, " urainya.

Arya Yusa Dwicandra mengatakan operasi pasar Pertamina digelar berturut-turut terhitung mulai 13 hingga 16 September 2017 di Pelalawan .

Tujuannya untuk mencukupkan kebutuhan gas bersubsidi bagi masyarakat miskin. Bukan dari keluarga mampu apalagi pengusaha.

"Kami berharap kebutuhan masyarakat miskin akan elpiji tiga kilogram dapat terpenuhi," ujar Arya.

Selama ini terang dia untuk wilayah Kabupaten Pelalawan terdapat empat agen dan 152 pangkalan yang melayani kebutuhan elpiji sesuai Harga Eceran Tertinggi yang ditetapkan yaitu sebesar Rp 18.000/tabung.

Secara aturan Pertamina hanya menyalurkan elpiji kepada masyarakat melalui pangkalan resmi yang memasang plang atau spanduk Harga Eceran Tertinggi Rp 18.000/tabung. Diluar itu tidak dilayani jika terjadi gangguan distribusi pihaknya akan berkoordinasi dengan Disperindag setempat.

"Pertamina terus melakukan koordinasi dengan Dinas Perdagangan setempat untuk memantau penyaluran elpiji tiga kilogram, " tambahnya sambil menjelaskan perhari di Riau disalurkan sebanyak 140.100 tabung.

"Dimana untuk Kabupaten Pelalawan sebanyak 1.938 tabung per hari," tuturnya.

Sementara sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan Idul Adha sendiri hingga saat ini ada penambahan penyaluran hingga 423.800 tabung untuk seluruh provinsi Riau.

Sebagaimana diketahui bahwa elpiji 3 kg merupakan barang yang disubsidi pemerintah dan peruntukkannya hanya bagi warga miskin atau tidak mampu.

Pertamina mengharapkan kesadaran bagi warga mampu untuk dapat membeli elpiji non subsidi dengan varian bright gas 5,5 dan 12 kg atau tabung biru 12 kg serta tabung 50 kg untuk hotel dan restoran.

Pertamina terus berupaya menyalurkan elpiji kepada masyarakat dan bila ada keluhan terhadap pelayanan Pertamina di tingkat agen atau pangkalan LPG dapat menghubungi kontak Pertamina 1-500-000 atau melalui email ke pcc@pertamina.com.




Sumber: ANTARA
ARTIKEL TERKAIT