Kempupera Resmikan Rusunawa di Kampus ITERA Lampung

Ilustrasi Rusunawa (Istimewa)

Oleh: Imam Muzakir / FER | Minggu, 8 Oktober 2017 | 15:33 WIB

Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) terus mendorong pembangunan rumah susun sewa (Rusunawa) untuk mahasiswa di berbagai Universitas yang ada di seluruh Indonesia. Salah satunya, dengan meresmikan pembangunan Rusunawa di Kampus Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Lampung, Minggu (8/10).

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kempupera, Syarif Burhanuddin mengatakan, pembangunan Rusunawa mahasiswa ini diharapkan mampu mendorong pemerataan serta mendukung peningkatan kualitas pendidikan di tingkat perguruan tinggi.

"Kempupera mendapat tugas untuk memfasilitasi mahasiswa yang menuntut ilmu di tingkat perguruan tinggi. Rusunawa ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mendorong pemerataan serta mendukung peningkatan kualitas pendidikan," kata Syarif.

Syarif menjelaskan, banyak mahasiswa yang berasal dari luar kota, sehingga membutuhkan hunian yang layak selama menempuh pendidikan di Kampus ITERA. "Dengan tinggal di Rusunawa, mahasiswa bisa belajar hidup di hunian vertikal mengingat keberadaan lahan untuk pembangunan rumah tapak semakin berkurang," tambahnya.

Menurutnya, Kempupera melalui Satuan Kerja Penyediaan Rusun Strategis Direktorat Rumah Susun Ditjen Penyediaan Perumahan, saat ini telah membangun dua blok Rusunawa setinggi lima lantai, dengan total 104 unit. Tahun ini, Kempupera kembali memberikan bantuan satu blok Rusunawa.

"Dua rusun yang telah dibangun telah digunakan masing-masing untuk mahasiswa putra dan putri. Jika satu unit dapat menampung tiga mahasiswa, maka setiap Rusun diperkirakan dapat menampung lebih dari 300 orang mahasiswa," tambah Syarif.




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT