Kemhub Akan Sesuaikan Tarif Batas Bawah Penumpang Pesawat

Ilustrasi penumpang pesawat. (BeritaSatu Photo/Danung Arifin)

Oleh: Thresa Sandra Desfika / YUD | Kamis, 12 Oktober 2017 | 19:39 WIB

Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemhub) segera memberlakukan penyesuaian tarif batas bawah bagi penumpang pesawat kelas ekonomi angkutan udara niaga berjadwal. Peraturan menteri perhubungan (Permenhub) terbaru mengenai hal itu rencananya diterbitkan pada pekan depan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemhub Agus Santoso mengungkapkan, penyesuaian tarif batas bawah sudah dibicarakan dalam beberapa kali rapat dengan maskapai nasional. Menurutnya, pihak operator penerbangan sudah setuju terhadap angka penyesuaian tarif. Tapi, dia enggan menyebutkan detail penyesuaian tarif tersebut.

"(Tarif batas bawah) iya ada perubahan. Semuanya (maskapai) sudah setuju, angkanya mereka setuju. Namun karena belum keluar aturannya saya enggak bisa ngomong," kata Agus di sela rapat kerja Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Komisi V DPR di Jakarta, Kamis (12/10).

Agus menuturkan, Permenhub baru mengenai perubahan tarif ini bakal terbit pada pekan depan. "Aturannya keluar minggu depan, hari Senin. Jadi, nanti saja menyebutkan angka perubahannya," imbuh Agus.

Kenaikan tarif
Dihubungi terpisah, Ketua Bidang Penerbangan Berjadwal Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Bayu Sutanto menyatakan, penyesuaian tarif pesawat kelas ekonomi itu sedang dalam proses persetujuan dan diperkirakan berlaku dalam waktu dekat ini.

Bayu mengungkapkan, INACA sebenarnya telah mengajukan usulan kepada regulator agar tarif batas bawah naik dari 30% menjadi 40% terhadap tarif batas atas untuk semua rute penerbangan. Tetapi, lanjut Bayu, keputusan terakhir yang disetujui adalah penaikkan tarif batas bawah menjadi 40% hanya untuk 15 rute padat. Sedangkan, rute-rute di luar itu tetap bakal diberlakukan tarif batas bawah 30%.

"Tapi, kita lihat saja nanti peraturan menterinya," tandas Bayu.

Sebagai informasi, kebijakan mengenai tarif pesawat kelas ekonomi ditetapkan dalam Permenhub Nomor 14/2016 tentang Mekanisme Formulasi Perhitungan dan Penetapan Tarif Batas dan Batas Bawah Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Pasal 9 ayat 3 menyatakan, badan usaha angkutan udara (BUAU) dalam menetapkan tarif batas bawah penumpang pelayanan kelas ekonomi serendah-rendahnya 30% dari tarif batas atas sesuai kelompok pelayanan yang diberikan. Lebih lanjut, regulator menetapkan tiga kelompok pelayanan angkutan udara niaga, yaitu full service (maskapai berlayanan penuh), medium service (maskapai berlayanan menengah), dan no frills (maskapai berbiaya murah).




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT