Tingkatkan Kesejahteraan, Pemerintah Kembangkan Pertanian di Perbatasan

Menteri Pertanian Amran Sulaiman (Antara/Sigid Kurniawan)

Oleh: Paulus Nitbani / PCN | Kamis, 12 Oktober 2017 | 23:40 WIB

Betun-Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menegaskan, pihaknya akan terus mengembangkan pertanian di daerah perbatasan sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat di wilayah perbatasan.

Hal itu disampaikan Amran Sulaiman saat menyampaikan tanggapannya mengenai peresmian ekspor perdana bawang merah dari Kabupaten Malaka, NTT ke Timor Leste, Kamis (12/10). Amran yang sedianya akan menghadari acara tersebut batal karena harus mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja ke Sumatera Selatan.

Melalui sambungan telepon, Amran mengatakan, pembangunan ekonomi daerah perbatasan melalui peningkatan produksi pertanian merupakan instruksi Presiden Joko Widodo. "Ini sesua arahan Presiden, sesuai nawacita, membangun dari pinggiran. Pendekatan yang kami lakukan di daerah-daerah perbatasan adalah kesejahteraan karena tanpa kesejahteraan mereka tidak bisa bersaing dengan negara tetangga," tandasnya, yang disambut antusias oleh warga masyarakat yang hadir di lokasi acara tersebut.

Dikatakan, dalam melaksanakan pembangunan dari pinggiran sesuai perintah Presiden tersebut, maka pihaknya menjalin kerja sama dan bersinergi dengan negara tetangga seperti yang dilakukan dengan Timor Leste hari.

"Negara tetangga adalah saudara. Kita harus perkuat sinergi di sektor pertanian karena pertama nilai transpor murah karena ekspor dara Indonesia. Mimpi kita ke depan adalah, kita bisa memenuhi seluruh kebutuhan pangan Timor Leste dari Malaka dan Belu. Kami support di sana dengan harga yang kompetitif dan kualitas yang baik, tandasnya.

Menanggapi hal ini, Dirjen Peternakan Republic Democrate of Timor Leste (RDTL), Joanita Dakosta Jong mengatakan, Timor Leste mengatakan pihaknya, terutama Kementerian Pertanian Timor Leste menyambut bak kerja sama ini dan berharap semoga ke depan kerja sama antara kedua negara akan lebih baik lagi, khususnya di bidang pertanian, perikanan, dan peternaan di daerah perbatasan.

 




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT